KEKUATAN MENGIKAT AKTA DI BAWAH TANGAN YANG DI WAARMERKING

  • Rayi Kharisma Rajib Program Studi Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum Universitas Indonesia
  • Rouli Anita Velentina Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Abstract

Banyaknya masyarakat yang belum mengetahui apa itu waarmerking, terutama terkait dengan kekuatan mengikat akta dibawah tangan yang di waarmerking oleh notaris. Kedudukan PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) sebagai perjanjian awalan proses jual beli bukan merupakan hal yang salah selama dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Secara garis besar, waarmerking adalah suatu proses pendaftaran akta di bawah tangan ke dalam suatu buku yang khusus dibuat oleh notaris.Akta di bawah tangan tersebut dibuat dan ditandatangani oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedudukan hukum akta di bawah tangan yang di-waarmerking. Metode penelitian yang digunakan adalah metode yuridis normatih dengan menggunakan data sekunder. Simpulan penelitian ini adalah bahwa walaupun di waarmerking oleh notaris, akta yang dibuat di bawah tangan tersebut tidak dapat dijadikan sebagai alat bukti yang sempurna.


Many people do not know what waarmerking is, especially related to the power of binding an underhand deed that is waarmerking by a notary. The position of the PPJB (Sales and Purchase Binding Agreement) as a pre-sale agreement is not a wrong thing as long as it is carried out in accordance with applicable regulations. Broadly speaking, waarmerking is a process of registering a private deed into a book specially made by a notary. The private deed is made and signed by the interested parties. This study aims to analyze the legal position of the waarmarked deed under the hand. The research method used is the juridical normatih method using secondary data. The conclusion of this research is that even though it is waarmarked by a notary, the actions made under the hand cannot be used as perfect evidence.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-11
How to Cite
RAJIB, Rayi Kharisma; ANITA VELENTINA, Rouli. KEKUATAN MENGIKAT AKTA DI BAWAH TANGAN YANG DI WAARMERKING. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 10, n. 7, p. 1693-1705, june 2022. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/87214>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2022.v10.i07.p19.
Section
Articles