PROBLEMATIKA PENGGUNAAN SURAT KETERANGAN OLEH CAMAT SEBAGAI JAMINAN DALAM PERJANJIAN KREDIT

  • Adriesti Hannadwita Maritza Program Studi Magister Kenotariatan, Fakultas Hukum Universitas Indonesia
  • FX Arsin Fakultas Hukum Universitas Indonesia

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguraikan serta menganalisis mengenai penggunaan Surat Keterangan oleh Camat sebagai Jaminan dalam Perjanjian Kredit, serta problematika yang timbul dari praktik tersebut. Penelitian ini juga akan membahas mengenai praktik penggunaan cover note dari Notaris sebagai dasar dari pencairan kredit dalam hal jaminannya masih berupa Surat Keterangan oleh Camat yang sedang dalam pekerjaan pensertifikatan. Dalam penelitian ini, akan dibahas pula mengenai penerapan prinsip kehati-hatian oleh Bank dalam menghadapi praktik-praktik tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yuridis normatif, dimana akan dikaji mengenai pengaturan yang berkaitan dengan praktik-praktik tersebut berdasarkan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Surat Keterangan oleh Camat sebagai alas hak atas tanah sejatinya bukan merupakan objek yang dapat dijaminkan dengan Hak Tanggungan. Lebih lanjut lagi, cover note Notaris tidak dapat dipergunakan sebagai dasar dari pencairan kredit oleh karena sifatnya hanya berupa surat keterangan atas pekerjaan, dan bukan merupakan bentuk janji dari Notaris atas penyelesaian pekerjaan pensertifikatan atas Surat Keterangan oleh Camat tersebut.


This study is aimed to describe and to analyse the use of Sub-District Head’s certificate on Land as collateral in a Credit Agreement, and the problematic situation that follows with that practice. This study also discusses the practice of the utilization of Notary’s cover note as the basis of credit disbursement in which the collateral is a Sub-District Head’s Certificate on Land that is still in progress of certification. In this study, will also discuss Bank’s implementation of prudential banking principle in facing these practices. The research method used in this study is a normative juridical type, in which this study will explore the regulation related with these practices based on literature study. The result of this study is that Sub-District Head’s Certificate on Land is not an object in which a mortgage can be placed upon them. Furthermore, Notary’s cover note cannot be used as the basis of credit disbursement, as it is only a letter of statement of the work that is currently in progress, and not a form of promise from the Notary for the completion of that particular work.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-30
How to Cite
HANNADWITA MARITZA, Adriesti; ARSIN, FX. PROBLEMATIKA PENGGUNAAN SURAT KETERANGAN OLEH CAMAT SEBAGAI JAMINAN DALAM PERJANJIAN KREDIT. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 12, p. 2262-2277, oct. 2021. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/78040>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2021.v09.i12.p02.
Section
Articles