PERBANDINGAN PENGATURAN PENGURANGAN PENGGUNAAN PLASTIK DI KOTA BEKASI DAN DENPASAR

  • Putra Septiana Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Deni Nuryadi Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Tujuan studi ini untuk mengetahui dan memahami perbedaan dari dua peraturan hukum yang serupa di kedua daerah yang berbeda serta untuk mengetahui dan memahami dampak yang dihasilkan dari diterapkannya dua peraturan hukum tersebut di daerah masing-masing yakni peraturan hukum pengurangan penggunaan plastik di Kota Bekasi dengan Kota Denpasar. Studi ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif yang dilakukan dengan cara mengutamakan meneliti bahan-bahan dan data kepustakaan atau biasa disebut data sekunder yang diteliti dengan komparatif. Hasil studi menunjukkan bahwa Perbedaan penerapan dalam rangka pengurangan penggunaan kantong plastik di Kabupaten Bekasi adalah dari tujuannya yaitu untuk  menjaga lingkungan daerahnya karena padatnya aktivitas kegiatan masyarakatnya yang sehari-hari menggunakan kantong plastik terlalu berlebihan yang menyebabkan pencemaran lingkungan, sedangkan di Kota Denpasar bertujuan selain karena aktivitas masyarakat yang menggunakan kantong plastik secara berlebihan juga bertujuan untuk melindungi kelestarian tempat-tempat wisata yang ada di denpasar.


The purpose of this study is to find out and understand the differences between two similar legal regulations in two different regions and to find out and understand the impact resulting from the application of these two laws in each region, namely the law on reducing plastic use in Denpasar City and Denpasar City. This study uses a normative juridical research method which is carried out by examining library materials and data or commonly called secondary data which is studied comparatively. The results of the study show that the difference in application in the context of reducing the use of plastic bags in Bekasi Regency is from the goal, namely to protect the local environment because of the dense daily activities of the people who use plastic bags too much which causes environmental pollution, while in Denpasar City the aim is other than because of their activities. People who use plastic bags excessively also aim to protect the sustainability of tourist attractions in Denpasar.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-06
How to Cite
SEPTIANA, Putra; NURYADI, Deni. PERBANDINGAN PENGATURAN PENGURANGAN PENGGUNAAN PLASTIK DI KOTA BEKASI DAN DENPASAR. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 1509-1518, july 2021. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/73921>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2021.v09.i09.p02.
Section
Articles