DAMPAK SOSIAL AKIBAT PERKAWINAN ANAK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

  • Fransiska Novita Eleanora Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Anggreany Haryani Putri Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rahmat Saputra Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Abstract

Penulisan ini bertujuan mengetahui dampak yang sosial terhadap kesejahteraan dari masyarakat akibat terjadinya perkawinan anak, dampak sosial yang terjadi dapat memberikan perubahan atau berdampak sosial dalam masyarakat dimana berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan akan hidup serta adanya tanggung jawab juga keahlian atau skill akibat dari terjadinya pernikahan dini belum ada kesiapan dari anak secara fisik, juga mental dan psikologisnya. Metode dari penelitian ini adalah dengan penelitian yuridis normatif, yang didasarkan pada peraturan dari perundang-undangan yang ada, dan dikonsepkan pada nilai dan juga norma yang ada dan dimana hasilnya dengan adanya pernikahan dini akan memberikan perubahan dalam masyarakat baik dari segi ekonomi, juga pendidikan, serta lapangan pekerjaan dan juga dalam aspek kesehatan dalam memberikan akan kesejahteraan terhadap masyarakat.


This writing aims to determine the social impact on the welfare of the community due to child marriage, the social impact that occurs can provide changes or social impacts in society, which is related to meeting the needs of life and the existence of responsibility as well as expertise or skills as a result of early marriage there is no readiness of the child physically, mentally and psychologically. The method of this research is normative juridical research, which is based on the regulations of existing legislation, and is conceptualized on existing values ??and norms and where the results of early marriage will provide changes in society both from an economic and educational perspective, as well as employment and also in the health aspect in providing welfare to the community

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rahmat Saputra, Fakultas Hukum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Fakultas Hukum

Published
2021-07-06
How to Cite
NOVITA ELEANORA, Fransiska; HARYANI PUTRI, Anggreany; SAPUTRA, Rahmat. DAMPAK SOSIAL AKIBAT PERKAWINAN ANAK TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 9, n. 9, p. 1501-1508, july 2021. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/70415>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2021.v09.i09.p01.
Section
Articles