PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA WANITA YANG BEKERJA PADA MALAM HARI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI ALFAMART JALAN ULUWATU II DAERAH KUTA SELATAN)

  • Made Gede Angga Bagus Setiawan
  • I Nyoman Mudana
  • I Made Dedy Priyatno

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan hukum pelaksanaan hukum perlindungan terhadap pekerja wanita yang bekerja pada malam hari menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan. Adapun tujuan dari skripsi ini yaitu untuk menganalisis pelaksanaan hukum perlindungan serta faktor yang menghambat pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja wanita yang bekerja pada malam hari di Alfamart Jalan Uluwatu II daerah Kuta Selatan. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian empiris yang berarti bahwa penelitian hukum ini akan berdasarkan pada efektivitas hukum di dalam masyarakat. Perlindungan terhadap wanita yang bekerja di malam hari di Alfamart Jalan Uluwatu Ii daerah Kuta Selatan belum sepenuhnya dilaksanakan. Mengenai ketentuan yang terdapat pada pasal 76 ayat (1) dan (2) Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan lembaga Negara republik Indonesia tahun 2003 nomor 39 , mengenai kewajiban pengusaha memberikan minuman serta makanan mengandung gizi, penyediaan kamar mandi terpisaj, penyediaan satpam, dan pemberian layanan antar jemput untuk pekerja wanita di malam hari, belum dilaksanakan. Faktor penghambat pelaksanaan perlindungan hukum terhadap pekerja wanita yang bekerja pada malam hari di Alfamart Jalan Uluwatu II Daerah Kuta Selatan yaitu keinginan dan kesadaran pekerja wanita untuk membawa bekal dan kendaraan sendiri saat bekerja pada malam hari, kepala toko tidak mengetahui standarisasi minuman serta makanan mengandung gizi seperti apa yang dimaksudkan oleh undangundang ketenagakerjaan, keterbatasan ruang toko untuk fasilitas kamar kecil terpisah untuk wanita serta laki-laki keterbatasan biaya untuk penyediaan tenaga keamanan pada malam hari dan biaya penyediaan kendaraan yang besar dan kesadaran pekerja untuk membawa kendaraan pribadi.


Kata kunci: perlindungan hukum, pekerja wanita, pada malam hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-21
How to Cite
SETIAWAN, Made Gede Angga Bagus; MUDANA, I Nyoman; PRIYATNO, I Made Dedy. PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA WANITA YANG BEKERJA PADA MALAM HARI MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN (STUDI DI ALFAMART JALAN ULUWATU II DAERAH KUTA SELATAN). Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], p. 1-16, may 2018. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/40741>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>