PENYELESAIAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI KEMATIAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP AHLI WARIS PADA PT. TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG DENPASAR

  • I Gede Adis Suta Sanjaya
  • Ngakan Ketut Dunia
  • A. A. Ketut Sukranatha

Abstract

Pada dasarnya manusia sering menderita kerugian akibat suatu peristiwa yang tidakterduga sebelumnya. Asuransi adalah salah satu cara yang dipilih oleh masyarakat kiniuntuk melindungi ataupun mengalihkan suatu risiko yang suatu saat akan menimpanya.Pertumbuhan pemikiran tersebut mejadikan setiap pekerjaan yang ada selalumenjanjikan asuransi kepada setiap tenga kerja yang dipekerjakan dalam setiapperusahaan untuk menjamin keselamatan pekerjanya. Pegawai Negeri Sipil dalam halini sudah menjadi profesi yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.Pegawai Negeri Sipil mempunyai peranan penting dalam pembangunan nasional danuntuk kesejahteraannya dicanangkan sistem asuransi dengan menyelenggarakanAsuransi Sosial Pegawai Negeri Sipil. PT.TASPEN (Persero) merupakan perusahaanBUMN ditunjuk untuk menyelenggarakan asuransi tersebut, yaitu untuk memberi jaminan keuangan bagi peserta maupun jaminan asuransi kematian bagi peserta dankeluarganya. Namun kurangnya pengetahuan dalam terjadinya peserta yang meninggaldunia peneyelsaian klaim tersebut belum dimengerti. Adapun permasalahan yangdihadapi : bagaimanakah prosedur penyelesaian pembayaran klaim asuransi kematianPegawai Negeri Sipil terhadap ahli waris dan hambatan-hambatan apakah yang dihadapidalam penyelesaian pembayaran klaim asuransi kematian Pegawai Negeri Sipil terhadapahli waris pada PT. TASPEN (Persero) Kantor Cabang Denpasar. Metode penelitianyang dipergunakan yaitu penelitian empiris dengan melakukan penelitian lapanganterhadap hal-hal yang berkaitan dengan permasalahan yang ada. Hasil dari penelitianyang dilakukan maka dapat diketahui bahwa penyelesaian pembayaran klaim asuransitersebut dilakukan dengan beberapa tahapan dimulai dari ahli waris peserta membawapersyaratan, dilanjutkan kebagian verifikasi dan akhirnya pada bagian keuangan akanmembayarkan premi tersebut. Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembayaranklaim tersebut seperti ketidaklengkapan dokumen, keterangan ahli waris, maupunhilangnya kartu peserta.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
ADIS SUTA SANJAYA, I Gede; DUNIA, Ngakan Ketut; SUKRANATHA, A. A. Ketut. PENYELESAIAN PEMBAYARAN KLAIM ASURANSI KEMATIAN PEGAWAI NEGERI SIPIL TERHADAP AHLI WARIS PADA PT. TASPEN (PERSERO) KANTOR CABANG DENPASAR. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 4, n. 3, feb. 2016. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/18968>. Date accessed: 14 aug. 2020.
Section
Articles

Keywords

Asuransi, klaim, ahli waris, Pegawai Negeri Sipil

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>