PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN BIG BRAKE KIT REKONDISI DI INDONESIA

  • Muhammad Ariq Fijaetullah Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Dwi Desi Yayi Tarina Fakultas Hukum Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

Abstract

Banyak konsumen di Indonesia yang masih tidak paham tentang hak dan kewajiban konsumen dan sebagian besar konsumen di Indonesia masih banyak yang ditipu oleh para penjual. Tujuan penelitian ini berupa perlindungan hukum konsumen  BIG BRAKE KIT dan penyelesaian terhadap permasalahan yang ditimbulkan akibat penjual yang tidak memberitahukan spesifikasi dalam platform jual beli yang mereka pakai serta cara dan upaya untuk mencegah permasalahan tersebut. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan metode penelitian hukum normatif karena sumber data utama penelitian ini adalah norma-norma yang berlaku di masyarakat, terutama norma hukum. Regulasi  terkait  perlindungan  konsumen selain itu perlindungan konsumen terhadap permasalahan transaksi yang tidak transparan pada aktivitas jual beli  juga bisa menggunakan dasar UUPK. Terdapat beberapa cara untuk mencegah terjadinya permasalahan dalam transaksi online di platform tidak resmi. Salah satunya adalah dengan mengenali ciri-ciri penjual yang bisa saja merupakan seorang penipu. Dengan ini diharapkan kepada masyarakat agar terhindar dari permasalahan ini.


 


Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Permasalahan, BBK Refurbish

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-04
How to Cite
ARIQ FIJAETULLAH, Muhammad; YAYI TARINA, Dwi Desi. PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN BIG BRAKE KIT REKONDISI DI INDONESIA. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 12, n. 8, p. 1757-1768, apr. 2024. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/113840>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2024.v12.i08.p07.
Section
Articles