ANALISIS YURIDIS TANGGUNG JAWAB MASKAPAI ATAS KEHILANGAN BARANG DALAM BAGASI PESAWAT TERBANG (STUDI PUTUSAN NOMOR: 6/PDT.G.S/2018/PN.DPS)
Abstract
Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menganalisis terkait dengan ketentuan perlindungan atas keamanan barang penumpang yang dititipkan dalam bagasi pesawat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaturan penyelenggaraan perlindungan atas barang penumpang dalam bagasi maskapai pesawat terbang dalam peraturan perundang-undangan terjadi sejak konsumen membeli sebuah tiket pesawat dan menggunakan jasa angkutan penerbangan tersebut maka pihak maskapai penerbangan berkewajiban untuk memberikan perlindungan, kenyamanan dan keamanan kepada konsumen sebagai tanggung jawab pelaku usaha. Selanjutnya berdasarkan hal tersebut kemudian terkait dengan upaya hukum yang dapat dilakukan oleh pemilik barang atas kerusakan barang dalam bagasi maskapai pesawat terbang dapat mengajukan gugatan terhadap pengangkut di pengadilan negeri dengan jumlah ganti kerugian ditetapkan setinggi-tingginya sebesar kerugian nyata penumpang.
ABSTRACT
The aim of this research was to analyze the provisions regarding the protection of the security of passenger goods stored in aircraft baggage. “The research method used is a normative research method. The results of the research show that the regulation of the protection of passenger goods in airline baggage in the statutory regulations occurs from the moment the consumer buys an airplane ticket and uses the airline transportation service, so the airline is obliged to provide protection, comfort and security to the consumer as a responsibility. businessmen. Furthermore, based on this, in relation to the legal action that can be taken by the owner of the goods for damage to goods in the airline's baggage, they can file a lawsuit against the carrier in the district court with the amount of compensation set as high as the passenger's actual losses.