METODE FATWA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ACEH DALAM PENETAPAN STATUS HUKUM GAME PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUND (PUBG)

  • Alwy Akbar Program Pascasarjana, Prodi Hukum Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Indonesia
  • Muhammad Syukri Albani Nasution Program Pascasarjana, Prodi Hukum Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Hafsah Hafsah Program Pascasarjana, Prodi Hukum Islam,Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Abstract

Penelitian ini untuk menjelaskan dan menganalisis metode fatwa Majelis Permusyawaratan Aceh dalam penetapan hukum Game PUBG. Game PUBG merupakan permainan online yang banyak diminati masyarakat, namun hal ini banyak menimbulkan dampak negatif pada penggunanya. MPU Aceh selaku lembaga yang memiliki otoritas terbesar dalam pembangunan syariat Islam Aceh mengatasi masalah tersebut dengan mengharamkan game PUBG. Oleh karena itu, fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui dasar hukum yang digunakan oleh MPU Aceh dalam mengharamkan game PUBG serta prosedur yang dilakukan oleh MPU Aceh dalam menetapkan fatwa haram game PUBG. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan filosofis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-29
How to Cite
AKBAR, Alwy; ALBANI NASUTION, Muhammad Syukri; HAFSAH, Hafsah. METODE FATWA MAJELIS PERMUSYAWARATAN ULAMA ACEH DALAM PENETAPAN STATUS HUKUM GAME PLAYER UNKNOWN’S BATTLEGROUND (PUBG). Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 11, n. 10, p. 2311-2320, july 2023. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/105100>. Date accessed: 10 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i10.p06.
Section
Articles