NILAI NORMAL ELEKTROKARDIOGRAM, FREKUENSI JANTUNG, RESPIRASI DAN SUHU TUBUH DUGONG DUGON NORMAL VALUES OF ELECTROCARDIOGRAM, HEART RATE, RESPIRATION RATE AND BODY TEMPERATURE OF DUGONG DUGON

Main Article Content

Agik Suprayogi Sumitro - Linda Tjhin Rika Sudranto Huda Salahudin Darusman

Abstract

Dugong dugon yang merupakan mamalia laut, terdaftar sebagai spesies langka yang dilindungi. Sampai saat ini, belum banyak laporan yang tersedia tentang nilai fisiologis normal dari mamalia ini, sehingga menyulitkan dokter hewan dalam memeriksa dan mendiagnosis penyakit pada hewan ini. Oleh karena itu dilakukan studi tentang nilai normal elektrokardiogram (EKG), frekuensi jantung, respirasi, dan suhu tubuh dari seekor Dugong dugon dengan menggunakan alat pemantau pasien (Patient monitor). Parameter yang diukur adalah frekuensi jantung, respirasi, suhu tubuh, dan nilai EKG: gelombang P, komplek QRS, interval PR, interval QT, dan mean electricity axis (MEA). Hasil perekaman menunjukkan bahwa nilai normal frekuensi jantung, respirasi dan suhu tubuh berturut-turut adalah (45,73+4,10) denyut/menit, (10,11+3,44) inspirasi/menit, dan (31,42+0,41)0C. Tidak ada perbedaan yang nyata antara nilai EKG normal pada hantaran I (dada kanan) dan hantaran II. Sementara itu, pada hantaran III menunjukkan nilai voltase yang isoelektris (0 mV). Pada Lead II, gelombang P menunjukkan durasi (0,05+0,02) detik dengan voltase (0,03+0,01) mV, gelombang R menunjukkan voltase (0,07+0,02) mv dengan durasi QRS komplek (0,06+0,01) detik, interval PR (0,26+0,01) detik, interval QT (0,21+0,11) detik, axis jantung (MEA: +90 sampai -135 ) condong ke kanan, dengan irama jantung reguler. Nilai normal Dugong dugon ini menunjukkan karakteristik yang spesifik dibanding nilai normal pada anjing, hal ini mungkin karena adana perbedaan ekologis, struktur anatomi, dan ketebalan dinding thoraks pada kedua hewan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SUPRAYOGI, Agik et al. NILAI NORMAL ELEKTROKARDIOGRAM, FREKUENSI JANTUNG, RESPIRASI DAN SUHU TUBUH DUGONG DUGON NORMAL VALUES OF ELECTROCARDIOGRAM, HEART RATE, RESPIRATION RATE AND BODY TEMPERATURE OF DUGONG DUGON. Jurnal Veteriner, [S.l.], v. 8, n. 1, mar. 2007. ISSN 2477-5665. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jvet/article/view/3229>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Keywords
Dugong dugon, elektrokardiogram, kardiopulmoner, suhu
Section
Articles