PERKEMBANGAN DIGITALISASI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KAMPUNG ADAT BANCEUY SEBAGAI DESA WISATA MENURUT DOXEY IRRITATION INDEX

  • Gusti Ketut Oka Saputra Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia
  • Richard Khen Ramex Simbolon Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ilham Faruqi Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rini Andari Manajemen Pemasaran Pariwisata Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Perkembangan zaman yang sangat pesat disertai dengan perkembangan teknologi membuat setiap orang menerapkan konsep digitalisasi pada beberapa kegiatan demi mendapatkan kinerja yang optimal, efisien, dan efektif. Perkembangan digitalisasi di desa wisata menjadi sangat penting dikarenakan semua sektor sekarang menggunakan teknologi menjadi inovasi mereka. Hal tersebut membuat wisatawan semakin tertarik akan desa wisata yang berkembang mengikuti zaman. Kehadiran wisatawan dalam suatu tempat wisata hingga pengembangan tempat wisata pasti memiliki dampak pada penduduk sekitar, Model Doxey Irritation Index dapat digunakan sebagai model untuk mengungkapkan sudut pandang pariwisata masyarakat lokal dan diperkirakan akan berkontribusi pada pemeriksaan mendalam untuk menentukan apakah demografi masyarakat lokal membuat perbedaan dalam perspektif mereka terhadap kegiatan pariwisata. Metode Doxey Irritation Index yang digunakan dalam pembahasan artikel mengenai perkembangan digitalisasi terhadap sikap masyarakat Kampung Adat Banceuy mampu menghasilkan sebuah pernyataan bahwa pada awalnya sikap masyarakat terhadap adanya digitalisasi ini sangatlah terbuka dan memiliki minat yang tinggi untuk mempelajarinya lebih lanjut ditambah lagi dengan hasil wawancara yang menyatakan bahwa masyarakat Kampung Adat Banceuy memiliki semangat dan antusiasme tinggi terhadap adanya digitalisasi. Keywords: digitalisasi; doxxey irritation index; desa wisata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-30
How to Cite
SAPUTRA, Gusti Ketut Oka et al. PERKEMBANGAN DIGITALISASI TERHADAP SIKAP MASYARAKAT KAMPUNG ADAT BANCEUY SEBAGAI DESA WISATA MENURUT DOXEY IRRITATION INDEX. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), [S.l.], p. 542 - 551, jan. 2023. ISSN 2502-8022. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/107804>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2023.v09.i02.p04.