PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BADUNG

  • N.M.A. Wilani Udayana University
  • I.G.A.D. Fridari Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • L.M.K.S. Suarya Program Studi Psikologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana
  • I.K.A. Mogi Program Studi Informatika, Fakultas MIPA, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2024.v23.i02.p01

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memiliki tujuan untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan mindfulness atau hidup berkesadaran kepada para guru-guru di sekolah dasar di Kabupaten Badung. Guru yang mempraktikkan mindfulness diharapkan dapat mencegah kelelahan kerja, lebih banyak mengembangkan emosi positif serta memiliki bekal bantu diri yang dapat digunakan untuk menurunkan stres personal. Metode kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam dua jenis aktivitas utama yaitu psikoedukasi dan praktik mindfulness yang dilaksanakan secara tatap muka dan dalam jaringan. Sebanyak 40 guru dari berbagai perwakilan sekolah yang hadir mengikuti kegiatan pelatihan. Kegiatan pelatihan luar jaringan dilaksanakan bertempat di SD No.3 Sempidi. Hasil dari kegiatan ini adalah pemahaman para guru mengenai mindfulness meningkat, guru mampu mempraktikkan beberapa teknik mindfulness sederhana, guru bisa memilih teknik yang dirasa cocok, dan guru merasa bahwa kegiatan pelatihan memberikan manfaat. Melalui pelaksanaan pelatihan ini diharapkan mampu memberikan pengalaman langsung terkait mindfulness kepada guru tingkat sekolah dasar di Kabupaten Badung sehingga dapat menjadi bekal keterampilan dalam mengelola emosi terutama ketika menghadapi situasi yang menekan.


Kata kunci : Badung, Guru, Mindfulness, Pelatihan, Sekolah Dasar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Bhattacharjee, D., Rai, A. K., Singh, N. K., Kumar, P., Munda, S. K., & Das, B. (2021). Psychoeducation: A Measure to Strengthen Psychiatric Treatment. DELHI PSYCHIATRY JOURNAL, 14(1), 33–39. https://www.researchgate.net/publication/318461551_Psychoeducation_an_Effective_Tool_as_Treatment_Modality_in_Mental_Health
Birchinall, L., Spendlove, D., & Buck, R. (2019). In the moment: Does mindfulness hold the key to improving the resilience and wellbeing of pre-service teachers? Teaching and Teacher Education, 86, 102919. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.102919
Harris, K. I. (2017). A Teacher's Journey to Mindfulness: Opportunities for Joy, Hope, and Compassion. Childhood Education, 93(2), 119–127. https://doi.org/10.1080/00094056.2017.1300490
Hartigan, B. F. (2017). Mindfulness in Teacher Education: A Constructivist Approach to Stress Reduction for Teacher Candidates and Their Students. Childhood Education, 93(2), 153–158. https://doi.org/10.1080/00094056.2017.1300494
Hwang, Y.-S., Noh, J.-E., Medvedev, O. N., & Singh, N. N. (2019). Effects of a Mindfulness-Based Program for Teachers on Teacher Wellbeing and Person-Centered Teaching Practices. Mindfulness, 10(11), 2385–2402. https://doi.org/10.1007/s12671-019-01236-1
Kabat-Zinn, J. (1994). Wherever you go, there you are: Mindfulness meditation in everyday life. Hyperion E-Books.
Kabat-Zinn, J. (2018). Meditation is Not What You think. Hachette Books.
Pintado, S. (2019). Changes in body awareness and self-compassion in clinical psychology trainees through a mindfulness program. Complementary Therapies in Clinical Practice, 34, 229–234. https://doi.org/10.1016/j.ctcp.2018.12.010
Siegel, R. D., Germer, C. K., & Olendzki, A. (2009). Clinical Handbook of Mindfulness. In F. Didonna (Ed.), Clinical Handbook of Mindfulness. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09593-6
Suyatra, I. P. (2021). Selama Pandemi, 18 Guru di Denpasar Alami Depresi, Ini Penyebabnya. Baliexpress.Jawapos.Com. https://baliexpress.jawapos.com/features/27/09/2021/selama-pandemi-18-guru-di-denpasar-alami-depresi-ini-penyebabnya
Taylor, S. G., Roberts, A. M., & Zarrett, N. (2021). A brief mindfulness-based intervention (bMBI) to reduce teacher stress and burnout. Teaching and Teacher Education, 100, 103284. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103284
Diterbitkan
2023-04-21
##submission.howToCite##
WILANI, N.M.A. et al. PELATIHAN MINDFULNESS UNTUK GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BADUNG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 85-89, apr. 2023. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/80356>. Tanggal Akses: 17 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2024.v23.i02.p01.