PENGEMBANGAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK SEKOLAH MELALUI METODE PENYULUHAN

  • I. W. Sugiritama Udayana University
  • I. G. N. S. Wiryawan
  • I. G. A. D. Ratnayanthi
  • I. G. K. K. Arijana
  • N. M. Linawati
  • I. A. I. Wahyuniari

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) merupakan salah satu strategi penting untuk meningkatkan derajat kesehatan, karena banyak penyakit yang bisa dicegah jika masyarakat menerapkan perilaku hidup sehat. Anak sekolah merupakan kelompok usia yang rentan untuk mengalami masalah kesehatan karena sebagian waktunya dihabiskan diluar lingkungan rumah dan diluar pengawasan orang tua. Saat anak berada di lingkungan sekolah bisa mengalami penularan penyakit dari teman sebaya, dari lingkungan sekolah atau bisa saja mengkonsumsi makanan yang tidak memenuhi syarat kesehatan. Anak sekolah juga merupakan kelompok usia yang mudah untuk diberikan pengetahuan tentang PHBS untuk membentuk perilaku yang sehat. Sekolah Dasar 2 Demulih berlokasi dilingkungan padat penduduk dan belum tersedia kantin yang memenuhi syarat kesehatan. Karena hal tersebut maka sangat tepat jika dilakukan pemberian pengetahuan tentang PHBS melalui metode ceramah yang menarik dengan media gambar dan video yang kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab. Pelaksanaan penyuluhan berlangsung dengan baik, anak-anak sekolah sangat antusias saat mendengarkan paparan dan sangat aktif saat diskusi. Anak-anak sekolah terlihat sudah memahami konsep PHBS dan sudah mengerti bagaimana cara melaksanakannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BBPOM RI. 2009. Sistem Keamanan Pangan Terpadu Pangan Jajanan Anak Sekolah
Budaraga, I. K., Ramaiyulis,Nurdin, E., Rosnita Rauf, R., 2019. Penyuluhan jajanan, makanan dan kantin sehat di sekolah SMA 2 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Buletin Udayana Mengabdi.(18)3, 61-67
Bawole,B.B., Umboh,J.M.L., Sumampouw, O.J.2018. Hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap dengan tindakan perilaku hidup bersih dan sehat pada murid Sekolah Dasar GMIM 9 dan Sekolah Dasar Negeri Inpres Pinangunian Kota Bitung. Jurnal Kesmas,(7) 5
Candrawati, E dan Widiani, E. 2015. Pelaksanaan program UKS dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Jurnal CARE, (3)1, 15-23
Gomo, M. J., Umboh, J.M.L., Pandelaki, A.J., 2013. Gambaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sekolah pada siswa kelas akselerasi di SMPN 8 Manado .Jurnal e-Biomedik (eBM) (1) 1, 503-505
Julianti, R ., Nasirun, H.M., Wembrayarli. 2018. Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah .Jurnal Ilmiah Potensia (3) 2, 11-17
Lina, H. P., 2016. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) siswa di SDN 42 Korong Gadang Kecamatan Kuranji Padang. Jurnal Promkes. (4) 1, 92–103
Marlina, R. L. 2011. Analisis Manajemen Promosi Kesehatan Dalam Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga di Kota Padang Tahun 2011.Padang. Universitas andalas
Sulastri, K. Purna, I. N., Suyasa, I. N. G. 2014.Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah puskesmas selemadeg timur. Jurnal Kesehatan Lingkungan (4) 1, 99-106
Published
2021-08-01
How to Cite
SUGIRITAMA, I. W. et al. PENGEMBANGAN POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA ANAK SEKOLAH MELALUI METODE PENYULUHAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 64-70, aug. 2021. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/65788>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i01.p11.