PELATIHAN PEMBUATAN BODY CREAM DAN LOTION LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DI PURI DAMAI DESA SINGAKERTA KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR BALI

  • N.L. Arpiwi
  • I.K. Muksin
  • I.G.A.S. Wahyuni
  • I.K. Ginantra
  • N.W. Sudatri

Abstract

Lidah buaya (Aloe vera)  adalah tanaman sukulen dari keluarga Asphodelaceae yang  tersebar luas di daerah tropis dan sub-tropis. Tanaman ini sangat populer karena memiliki banyak kegunaan, misalnya sebagai pelembab kulit, pertumbuhan rambut, dan pengendalian jerawat. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan informasi kepada masyarakat Desa Singakaerta, Kabupaten Gianyar, tentang bagaimana mengolah lidah buaya menjadi body cream dan lotion  sehingga dapat meningkatkan nilai ekonomi tanaman tersebut. Prosedur kerja dimulai dengan mengupas daun lidah buaya  untuk mendapatkan pulp, lalu diblender dan disaring  untuk mendapatkan jus. Basis cream dan lotion terdiri dari minyak kelapa murni (VCO), cethyl alcohol, asam stearat, gliserin, triethanolamine, nipagin, nipasol dan aquades dengan jumlah sesuai formulasi. Fase air dicampur dengan fase minyak pada suhu 70oC sambil diaduk sampai homogen dan kemudian ditambahkan jus  lidah buaya pada suhu 40oC. Aroma cendana ditambahkan untuk body creamdan aroma melati ditambahkan ke body lotion pada suhu 30oC. Body cream berwarna putih susu, aroma cendana, tekstur lembut, agak kental,  pH 6,5, homogen dengan viskositas 95 poise. Body lotion berwarna putih susu, aroma melati, tekstur lembut,  lebih encer, pH 7, homogen dengan viskositas 39 poise.


 


Kata kunci : Body cream, body lotion, Aloe vera, VCO

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20
How to Cite
ARPIWI, N.L. et al. PELATIHAN PEMBUATAN BODY CREAM DAN LOTION LIDAH BUAYA (ALOE VERA) DI PURI DAMAI DESA SINGAKERTA KECAMATAN UBUD KABUPATEN GIANYAR BALI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 4, nov. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/55339>. Date accessed: 20 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i04.p02.