PELAYANAN KESEHATAN FISIOTERAPI LANJUT USIA MELALUI PEMERIKSAAN DAN PELATIHAN KESEIMBANGAN FLEKSIBILITAS SERTA KEKUATAN OTOT GENGGAM DI BANJAR KESIAN DESA LEBIH KABUPATEN GIANYAR

  • M.H.S. Nugraha
  • N.L.P.G.K. Saraswati
  • A.A.G.A.P. Negara
  • N.W. Tianing

Abstract

Proses menua merupakan keadaan yang normal dan alamiah dan tidak dapat dihindari. Seiring dengan bertambahnya usia, maka terjadi penurunan kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan pengukuran serta pelatihan keseimbangan statis, fleksibilitas, dan kekuatan otot genggam. Pengabdian masyarakat dilakukan pada lansia di Banjar Kesian, Desa Lebih, Kabupaten Gianyar. Lansia yang ikut serta dalam pengabdian masyarakat ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari: laki-laki sebanyak 12 orang dan perempuan sebanyak 28 orang. Pengukuran kekuatan otot genggam pada lansia masuk ke kategori rata-rata dan butuh peningkatan. Pengukuran keseimbangan statis masuk ke kategori baik dan butuh peningkatan. Sementara hasil pemeriksaan fleksibilitas termasuk ke kategori rata-rata dan di bawah rata-rata.


 


Kata kunci : fleksibilitas, kekuatan otot genggam, keseimbangan, pelatihan, pemeriksaan 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20
How to Cite
NUGRAHA, M.H.S. et al. PELAYANAN KESEHATAN FISIOTERAPI LANJUT USIA MELALUI PEMERIKSAAN DAN PELATIHAN KESEIMBANGAN FLEKSIBILITAS SERTA KEKUATAN OTOT GENGGAM DI BANJAR KESIAN DESA LEBIH KABUPATEN GIANYAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 4, nov. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/55338>. Date accessed: 20 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i04.p01.