PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN MATRIKS MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PASCAL (Lokasi Pengabdian: SMAN 1 Kuta Selatan)

  • I D.M.B.A. Darmawan
  • L.G. Astuti
  • K. Sari
  • I.G.O.G. Atitama
  • M.A. Raharja

Abstract

Pemrograman pascal digunakan untuk menyelesaikan masalah Matematika yang diajarkan pada Siswa SMA sesuai dengan kurikulum yang diajarkan.Pendekatan pelatihan ini memiliki tiga manfaat utama, yaitu: 1) memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada siswa SMA terhadap bahasa pemrograman pascal sehingga dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti kompetisi-kompetisi yang rutin diselenggarakan oleh Pemerintah dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau pun tingkat Regional yang tiap tahun diselenggarakan oleh Universitas Udayana, 2) peningkatan pemahaman materi pelajaran Matematika dengan pendekatan bahasa pemrograman pascal khususnya materi sistem persamaan linear. Bahasa pemrograman melatih siswa untuk dapat berpikir terstruktur dan sistematis. Oleh karena itu, jika siswa telah mampu menyelesaikan masalah Matematika dengan bahasa pemrograman, siswa tersebut sudah benar-benar paham mengenai teknik pemecahan masalah sesuai dengan topik materi yang diberikan. 3) Memberikan alternatif teknik pengajaran yang berbeda kepada Guru Matematika SMA dalam pengajaran menggunakan bahasa pemrograman, dimana pemrograman komputer sangat erat kaitannya dengan pelajaran Matematika.


Pembinaan dihadirkan oleh guru pengampu pelajaran Matematika dan 20 orang siswa. Pembinaan dilakukan selama 4 kali pertemuan dimana setiap pertemuan dilakukan selama 3 jam. Materi yang diberikan meliputi logika informatika dan dasar pemrograman sampai dengan penyelesaian maslaah matematika dengan pemrograman komputer menggunakan bahasa pemrograman Pascal. Setiap pertemuan dilakukan tes diawal dan diakhir yang memperlihatkan kemampuan siswa dalam menyerap materi. Hasil post test memperlihatkan siswa mampu lebih memahami materi matematika setelah mendapatkan pembinaan dalam hal pemrograman komputer sesuai dengan topik yang didiskusikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-19
How to Cite
DARMAWAN, I D.M.B.A. et al. PENYELESAIAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN MATRIKS MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN PASCAL (Lokasi Pengabdian: SMAN 1 Kuta Selatan). Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 4, nov. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/44627>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i04.p02.