PENERAPAN TEKNOLOGI FERMENTASI JERAMI PADI DENGAN SUPLEMEN CAMPURAN UREA, KAPUR DAN MOLASIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI TERNAK SAPI DI DESA BEBETIN

  • IN. S Sutama
  • IK Sukada
  • IW Suberata
  • IW Wijana
  • IN Ardika

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di Desa Bebetin, Kecamatan Sawan, KabupatenBuleleng bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada petani tentang fermentasi jeramipadi dengan suplemen campuran urea, kapur, dan molasis. Ketersediaan hijauan biasanya melimpah saatpanen dan musim hujan, namun saat ketersediaan pakan terbatas petani biasanya memberikan jerami padisaja sebagai pakan ternak tanpa disertai aplikasi teknologi pengolahan. Jerami padi memiliki kandunganlignin dan silika yang tinggi sehingga sulit dicerna. Teknologi fermentasi dapat digunakan untukmeningkatkan kandungan nutrisi dan tingkat kecernaan dari jerami padi. Pelaksanaan kegiatan pengabdiankepada masyarakat dilakukan dengan dua cara, yakni melalui sosialisasi termasuk diskusi dan pelatihansingkat dengan demonstrasi langsung. Para petani sangat antusias dengan metode pelatihan terutama tentangpembuatan fermentasi jerami padi dengan suplemen campuran urea, kapur, dan molasis. Hasil dari kegiatanini, menunjukkan bahwa kesadaran dan pengetahuan para petani maupun peternak meningkat untukmemberikan suplemen pada pakan ternak. Hal ini juga akan meningkatkan konsumsi bahan pakan kering.Selain itu, persyaratan nutrisi yang terpenuhi pada pakan ternak akan berdampak pada pertumbuhan produksiternak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-05-31
How to Cite
SUTAMA, IN. S et al. PENERAPAN TEKNOLOGI FERMENTASI JERAMI PADI DENGAN SUPLEMEN CAMPURAN UREA, KAPUR DAN MOLASIS UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI TERNAK SAPI DI DESA BEBETIN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 15, n. 2, p. 243-247, may 2016. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/22554>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Keywords

jerami, fermentasi, suplemen campuran urea kapur molasis, ketersediaan pakan.