Analisis Pengaruh Distorsi Harmonisa Pada Pemasangan Grid Tie Inverter Dengan Menggunakan Simulink MATLAB

  • I Dewa Gede Bayu Satya Nugraha
  • Cok. Gede Indra Partha Universitas Udayana
  • I Wayan Arta Wijaya

Abstract

Dalam jaringan tenaga listrik, terdapat beberapa permasalahan kualitas daya yang sangat mempengaruhi suatu sistem tenaga listrik, salah satu adalah harmonisa. Harmonisa adalah gejala pembentukan gelombang-gelombang sinus dengan frekuensi kelipatan dari frekuensi fundamental. Gelombang harmonisa akan menumpang pada gelombang sinus murni, sehingga akan terbentuk cacat gelombang yang merupakan hasil penjumlahan gelombang sinus murni dengan gelombang harmonisa. Harmonisa terjadi akibat adanya beban nonlinier yang dihasilkan oleh peralatan listrik, salah satu contohnya adalah inverter. Pada inverter, harmonisa terjadi akibat adanya proses switching yang terjadi ketika inverter mengubah arus DC menjadi arus AC. Pada Penelitian ini akan dihitung berapa distorsi harmonisa yang di hasilkan pada inverter sebelum terpasangnya filter dan sesudah terpasangnya filter, dengan menggunakan software Simulink MATLAB. Pada penelitian ini menggunakan filter pasif berupa single-tuned filter, hasil simulasi yang telah dilakukan pada kondisi sebelum terpasangnya filter untuk nilai THDv sebesar 38.94% dan sesudah terpasangnya filter sebesar 27.43%. Selisih nilai, sebelum terpasang filter dan sesudah terpasangnya filter adalah sebesar 11.51%. hal ini masih melebihi standar IEEE 512 tahun 1992, sehingga diperlukan lebih dari satu filter untuk mengurangi harmonisa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cok. Gede Indra Partha, Universitas Udayana
Staf pengajar, Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana.
I Wayan Arta Wijaya
Staf pengajar, Jurusan Teknik Elektro dan Komputer Fakultas Teknik Universitas Udayana.

References

[1] Sentosa. J. “Pengaruh Pada Gardu Trafo Tiang Daya 100 kVA di PLN APJ Surabaya Selatan” Surabaya. Universitas Kristen Petra Jurusan Teknik Elektro.2007.

[2] I K. A. Setiawan., I N. S Kumara., I W. Sukerayasa. “Analisis Unjuk Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Satu MWp Terinterkoneksi Jaringan Di Kayubihi Bangli”. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. Vol. 13 No. 1.2014.

[3] Gunawan. A. “ Analisa Distorsi Harmonisa Pada Penyulang Abang Karangasem Setelah Terpasangnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)”. Denpasar, Universitas Udayana Jurusan Teknik Elektro. 2015.

[4] A. I. Weking., I W. Rinas., A. K. Suwardana. “Simulasi Penentuan Penempatan Filter Aktif Shunt Untuk Mendapatkan Distorsi Daya Yang Terkecil Di Blue Point Bay Villa & Spa”. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. Vol. 12 No. 2.2013.

[5] I W. Rinas.“Analisis Perbandingan Penggunaan Filter Pasif dan Filter Aktif Untuk Menanggulangi THD Pada Sistem Kelistrikan Di Ruang Puskom Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana”. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. Vol. 10 No. 1.2011.

[6] P. K. B. Sutawan., I N. S. Kumara., W. G. Ariastina. “Simulasi Sistem Kontrol Operasi On Grid Serta Islanding Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Udayana”. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro. Vol. 14 No. 2.2015.

[7] P. Hari . “Analisa Perancangan Filter Pasif Untuk Meredam Harmonik Pada Instalasi Beban Nonlinier”. Techno ISSN 1410-8607, Hal. 57-67, Vol. 13 No. 1 . April 2012.
Published
2017-12-29
How to Cite
SATYA NUGRAHA, I Dewa Gede Bayu; PARTHA, Cok. Gede Indra; WIJAYA, I Wayan Arta. Analisis Pengaruh Distorsi Harmonisa Pada Pemasangan Grid Tie Inverter Dengan Menggunakan Simulink MATLAB. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 72 - 78, dec. 2017. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/ID28811>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2017.v16i03p12.

Keywords

kualitas daya, PLTS, Harmonisa, Filter pasif