Aplikasi Sensor Cahaya Sebagai Sensor Garis Pada Robot Berbasis Kontrol PID Dengan Pengaturan Kepekaan Cahaya Otomatis

  • Made Niantara Riandana Universitas Udayana
  • I Nyoman Budiastra Universitas Udayana
  • Cok Gede Indra Partha Universitas Udayana

Abstract

Robot line follower merupakan robot dengan sistem kontrol otomatis yang bergerak mengikuti sebuah lintasan/garis. Sistem kontrol yang digunakan dalam robot line follower adalah sistem kontrol berbasis PID yang memerlukan pengaturan konstanta Kp, Kd, Ki yang tepat untuk memperoleh pergerakan robot yang stabil dalam mengikuti lintasan. Robot line follower yang digunakan pada penelitian ini adalah robot yang bersifat adaptif, yang dapat beradaptasi di setiap kondisi pencahayaan yang berbeda pada setiap lintasan. Hasil dari penggabungan sistem kontrol PID dengan pengaturan Kp, Kd, Ki yang tepat, dengan sistem pengaturan kepekaan cahaya otomatis, diperoleh hasil pergerakan robot pada lintasan yang baik dan robot yang dapat beradaptasi dalam beberapa kondisi pencahayaan secara otomatis. Dari hasil pengujian robot yang telah dilakukan, maka telah diperoleh pengaturan konstanta Kp, Kd, dan Ki terbaik dengan nilai konstanta yang diinputkan yaitu Kp=7, Kd=5, Ki=7 dan pengaturan kepekaan cahaya otomatis yang diperoleh berdasarkan pembacaan dua buah sensor cahaya tambahan dengan rumus kepekaan =((sensor1+sensor2 )/2)+100.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Niantara Riandana, Universitas Udayana
I Made Niantara Riandana
I Nyoman Budiastra, Universitas Udayana

Ir. I Nyoman Budiastra, MKes., MT

Cok Gede Indra Partha, Universitas Udayana
Ir. Cok Gede Indra Partha,M.Erg.,MT

References

[1] H. B. Rudiyanto. 2015. Rancang Bangun Robot Pengantar Surat Menggunakan Mikrokontroler AT89S51. Depok : Jurusan Teknik Elektro, Universitas Gunadarma.

[2] D. A. N. Janis, D. Pang, J. O. Wuwung. 2014. Rancang Bangun Robot Pengantar Makanan Line Follower. Manado : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNSRAT e-jurnal Teknik Elektro dan Komputer. ISSN: 2301-8402.

[3] I. W. R. Ardana, 2008. Simulasi Sistem Kontroler Pid untuk Motor Induksi Menggunakan Perangkat Lunak Matlab / Simulink. Teknologi Elektro, Vol. 7 (July – Desember) : 1 - 8.

[4] I. W. Widhiada, W. R. Y. A. Putra, C. G. I. Partha. 2014. Auto Tuning PID Controller Untuk Mengendalikan Kecepatan DC Servomotor Robot Gripper 5 Jari. Jurnal Energi Dan Manufaktur,Vol. 7(Oktober ) : 3 - 4.

[5] G. Saputro. 2012. Sistem Kontrol Motor Robot Line Follower Berbasis Mikrokontroller Atmega32 Menggunakan Algoritma PID (Proporsional Integral Derivatif).Yogyakarta : jurusan teknik informatika STMIK AMIKOM

[6] Y. Prabowo, T. W. Wisjhnuadji, A. A. Wibowo. 2013. Aplikasi PID pada Robot Line Follower Bebasis Mikrokontroler AT-8535. Arsitron, Vol. 4 No.1 Juni 2013

[7] P. Rahardjo. 2004. Aplikasi Mikrokontroler 80c31 Sebagai Alat Pengendali Motor Dc Magnet Permanen dengan Metode P I D Dan Metode P W M, Teknologi Elektro, Vol. 3 (July – Desember) : 2-6.

[8] A. M. Pratama, I. N. Suweden, I. B. A. Swamardika. 2013. Sistem Kontrol Pergerakan pada Robot Line Follower Berbasis Hybride PID-Fuzzy Logic. CSGTEIS. 1-4.
Published
2017-12-29
How to Cite
RIANDANA, Made Niantara; BUDIASTRA, I Nyoman; PARTHA, Cok Gede Indra. Aplikasi Sensor Cahaya Sebagai Sensor Garis Pada Robot Berbasis Kontrol PID Dengan Pengaturan Kepekaan Cahaya Otomatis. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 16, n. 3, p. 56 - 62, dec. 2017. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/ID28617>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MITE.2017.v16i03p10.

Keywords

Robot, PID, Cahaya, Kepekaan, Garis, Sensor.