PENGGUNAAN METODE URUTAN (SEQUENCE METHOD) PADA ANALISIS HARMONISA UNTUK SISTEM KELISTRIKAN TAK-SEIMBANG

  • I Wayan Rinas Universitas Udayana

Abstract

Peningkatan beban-beban nonlinier yang terpasang pada sistem akan menyebabkan terjadinya distorsi harmonisa. Distorsi harmonisa pada bentuk gelombang tegangan dan arus dapat mengakibatkan kondisi tidak normal pada sistem.

Pada sistem 3 phasa nonlinier, distorsi harmonisa akan menyebakan kondisi takseimbang. Tegangan takseimbang dapat memunculkan komponen urutan negatif dan urutan nol yang merugikan sistem. Komponen urutan negatif akan mengakibatkan peningkatan panas yang berlebihan, sedangkan komponen urutan nol disamping dapat menyebabkan peningkatan rugi-rugi pada jaringan transmisi juga mengakibatkan gangguan pada sistem proteksi dan masalah interference.

Analisis harmonisa dilakukan untuk mengevaluasi efek distorsi dari arus dan tegangan non-sinusoidal pada sistem daya listrik .

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2007-01-08
How to Cite
RINAS, I Wayan. PENGGUNAAN METODE URUTAN (SEQUENCE METHOD) PADA ANALISIS HARMONISA UNTUK SISTEM KELISTRIKAN TAK-SEIMBANG. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 6, n. 1, jan. 2007. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/240>. Date accessed: 25 apr. 2024.