RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN RUMAH BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN MENGGUNAKAN KAMERA PEREKAM

  • Lie Jasa

Abstract

Selama ini pengaman rumah di masyarakat hanya menggunakan kunci biasa untuk membuka dan menutup pintu atau jendela rumah. Telah dirancang sistem pengaman yang bisa berfungsi  apabila pemilik rumah tidak berada di dalam rumah. Khususnya untuk memberikan pengamanan lebih di suatu ruangan tertentu didalam rumah. Mikrokontroler AT89S51 dapat digunakan untuk itu, bertugas mengontrol sistem pengaman rumah, dimana digunakan sensor ultrasonik sebagai pendeteksi ada tidaknya orang yang masuk ke dalam rumah.

Sistem dirancang dapat menghubungi pemilik rumah yang kebetulan berada diluar rumah, rangkaian switch line yang digunakan untuk menghubungkan saluran telepon dengan sistem, rangkaian DTMF TP5088 yang digunakan untuk memanggil nomer telepon pemilik rumah, rangkaian PLL LM567 yang digunakan untuk mendeteksi bahwa telepon diangkat oleh pemilik rumah dan rangkaian ISD 1420 untuk menyampaikan informasi suara kepada pemilik rumah.

Proses perekaman dilakukan dengan menggunakan web kamera, dengan menggunakan driver relay sebagai sakelarnya. Untuk menghindari alat tidak bekerja dengan sempurna akibat listrik dari PLN padam, atau pencuri sengaja memadamkan listrik dengan mematikan MCB, maka digunakan UPS sebagai sumber cadangan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lie Jasa

Staf Pengajar Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361

Published
2012-08-07
How to Cite
JASA, Lie. RANCANG BANGUN SISTEM PENGAMAN RUMAH BERBASIS MIKROKONTROLER DENGAN MENGGUNAKAN KAMERA PEREKAM. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 1, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1581>. Date accessed: 28 sep. 2022.