ANALISA ALIRAN DAYA DENGAN METODE INJEKSI ARUS PADA SISTEM DISTRIBUSI 20 KV

  • IBG Manuaba -
  • Kadek Amerta Yasa

Abstract

Metode Injeksi Arus (Current Injections Method) merupakan metode baru hasil pengembangan dari metode Newton-Raphson yang digunakan untuk menganalisa aliran daya. Metode Injeksi Arus memiliki struktur matriks Jacobian yang di-update pada setiap iterasi sehingga lebih cepat dalam melakukan analisa aliran daya.

Metode Newton Raphson dan metode Injeksi Arus dibandingkan dengan melihat hasil analisanya. Penyulang Bukit Jati, Tenganan,  dan VIP 2 merupakan penyulang-penyulang yang digunakan sebagai obyek analisa aliran daya. Penyulang Bukit Jati, dan Penyulang Tenganan adalah penyulang di Area Jaringan Bali Timur,  sedangkan Penyulang VIP 2 adalah penyulang di Area Jaringan Bali Selatan.

Dari hasil analisa, metode Injeksi Arus terbukti lebih cepat dan memerlukan lebih sedikit proses iterasi dibandingkan metode Newton-Raphson. Untuk hasil tegangan bus, keduanya menunjukkan hasil yang tidak berbeda jauh. Dalam semua analisa yang dilakukan, metode Injeksi Arus lebih efisien daripada metode Newton-Raphson.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

IBG Manuaba -
Staff pengajar Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana
Kadek Amerta Yasa

Staff pengajar Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Udayana

Published
2012-08-07
How to Cite
-, IBG Manuaba; AMERTA YASA, Kadek. ANALISA ALIRAN DAYA DENGAN METODE INJEKSI ARUS PADA SISTEM DISTRIBUSI 20 KV. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 1, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1577>. Date accessed: 05 dec. 2022.