APLIKASI TEGANGAN TINGGI DC SEBAGAI PENGENDAP DEBU SECARA ELEKTROSTATIK

  • Abdul Syakur
  • Agung Warsito
  • Nurlailati -

Abstract

Salah satu kebutuhan yang sangat mendesak bagi manusia saat ini adalah teresedianya udara bersihkarena udara bersih adalah mutlak untuk kesehatan. Saat ini udara bersih merupakan suatu hal yang sangat langka. Partikel - partikel polutan dari asap kendaraan bermotor dan industri , debu dan asap rokok menyebabkan polusi udara.

Dengan membuat rancangan pembangkit tegangan tinggi DC, akan dibangkitkan tegangan tinggi DC yang akan mampu mengendapkan debu secara elektrostatik. Perancangan alat pengendap debu meliputi pembuatan pembangkit tegangan tinggi searah (DC) menggunakan metoda penyearah pengali tegangan atau Walton- Cockroft pada keadaan hubung buka / tidak berbeban, pemilihan alumunium untuk filter dan  pemilihan alat – alat pendukung yaitu kover akrilik dan kipas angin DC 12 Volt beserta sumber tegangan 12 VDC.

Dalam makalah ini akan disajikan suatu metode untuk mengendapkan debu sebagai salah satu polutan dengan menggunakan medan listrik uniform.Pembersihan udara ini  dilakukan dengan cara pengendapan elektrostatis dimana partikel-partikel bermuatan dipisahkan secara elektrostatis (muatan positip dan negatip saling tarik menarik) oleh medan listrik deretan pelat- pelat logam bermuatan listrik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abdul Syakur

Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Agung Warsito

Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

Nurlailati -

Jurusan Teknik Elektro – Fakultas Teknik Universitas Diponegoro

 

Published
2012-08-07
How to Cite
SYAKUR, Abdul; WARSITO, Agung; -, Nurlailati. APLIKASI TEGANGAN TINGGI DC SEBAGAI PENGENDAP DEBU SECARA ELEKTROSTATIK. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 1, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1576>. Date accessed: 29 mar. 2024.