RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK PERBAIKAN KECEPATAN DAN KEGAGALAN KONEKSI PERALATAN EKSTERNAL PADA PERSONAL KOMPUTER

  • I Made Sukarsa
  • Ni Wayan Wisswani

Abstract

Sistem pakar pada penelitian ini merupakan sistem pakar berbasis web yang menghadirkan solusi dalam mengatasi kerusakan komputer khususnya untuk perbaikan kecepatan dan kegagalan koneksi peralatan eksternal. Sistem menyediakan fasilitas troubleshooting  untuk membantu user dalam mengidentifikasi permasalahan komputernya. Proses identifikasi ini dilakukan melalui interaksi tanya-jawab antara sistem dengan pemakai. Sistem juga menyediakan fasilitas edit pengetahuan yang dapat digunakan oleh Knowledge Engineer dalam melakukan perubahan data pada basis pengetahuan. Metode penelusuran solusi yang digunakan pada sistem ini adalah adalah penelusuran runut maju (forward chainning). Aturan pada basis pengetahuan dimodelkan sebagai tree dengan memanfaatkan database MySQL serta  bahasa pemrograman PHP.

Pemanfaatan database untuk menyimpan basis pengetahuan dari sistem pakar akan mempermudah dalam pembuatan fasilitas penambahan pengetahuan. Dengan adanya fasilitas penambahan pengetahuan, perubahan aturan pada basis pengetahuan dan pengembangan sistem melalui akuisisi pengetahuan yang baru dapat langsung dilakukan tanpa harus membongkar sistem yang sudah jadi. Hal ini akan memungkinkan sistem menjadi tetap up to date.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Sukarsa

Staff Pengajar Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Kampus Bukit Jimbaran, Bali, 80361

Ni Wayan Wisswani
Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Bali
Published
2012-08-07
How to Cite
SUKARSA, I Made; WISSWANI, Ni Wayan. RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK PERBAIKAN KECEPATAN DAN KEGAGALAN KONEKSI PERALATAN EKSTERNAL PADA PERSONAL KOMPUTER. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, [S.l.], v. 8, n. 1, aug. 2012. ISSN 2503-2372. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jte/article/view/1574>. Date accessed: 19 apr. 2024.