ANALISIS TARIF DASAR ANGKUTAN PENYEBERANGAN LAUT RUTE DERMAGA SANUR – NUSA LEMBONGAN BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN

  • I Wayan Gede Darma Yoga Program Studi Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • Ni Putu Delima Yogeswari Saraswati Program Studi Teknik Sipil Universitas Udayana
  • Cokorda Putra Wirasutama Program Studi Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Gede Gegiranang Wiryadi Program Studi Teknik Sipil Universitas Mahasaraswati Denpasar

Abstract

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah terkenal di dunia yang terdiri dari 8 kabupaten dan 1 kota yaitu Kota Denpasar. Nusa Penida dan Nusa Lembongan yang terletak di Kabupaten Klungkung belakangan ini muncul sebagai tujuan wisata baru dengan menawarkan keindahan wisata alam dan wisata religinya. Nusa Lembongan terkenal dengan pemandangan lautnya yang indah, pantai pasir putih yang bersih serta pemandangan sunset yang indah yang bisa dinikmati dari bar maupun restaurant di sekitar pantai. Dengan adanya kebutuhan yang semakin meningkat terhadap sarana penyeberangan di Bali khususnya rute Sanur – Nusa Lembongan maka perlu dilakukan peningkatan kualitas pelayanan dan tarif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini dilakukan perhitungan tarif berdasarkan biaya operasional kendaraan angkutan penyeberangan laut. Dari hasil analisis diperoleh besar biaya operasional kendaraan sebesar Rp3.941.567.721 per tahun. Selanjutnya dilakukan analisis tarif berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan PM No. 66 tahun 2019 dengan tingkat load factor 60% sehingga diperoleh besarnya tarif dasar ditambah pajak penghasilan sebesar 1,2% ialah sebesar Rp71.949. Dalam hal ini biaya bahan bakar minyak menyumbang nilai terbesar komponen biaya operasional kendaraan, yaitu mencapai 61%, sehingga bagi para pelaku penyeberangan biaya ini sangat perlu dikendalikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahar, A. 2018. Analisis Kebutuhan Angkuta Penyeberangan Sungai Jeneberang di Desa Taeng Kabupaten Gowa.Universitas Islam Negeri Alaudin, Makasar.
Departemen Perhubungan. 1992. Undang – Undang No 21 Tahun 1992 Tentang Pelayaran, Jakarta.
Departemen Perhubungan. 2003. Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 58 Tentang Mekanisme Penetapan dan Formulasi Perhitungan Tarif Angkutan Penyeberangan, Jakarta
Departemen Perhubungan. 2019. Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 66 Perubahan dari Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 58 Mekanisme Penetapan dan Formulasi Perhitungan Tarif Angkutan Penyeberangan, Jakarta
Departemen Perhubungan. 2008. Undang – Undang No 17 Tahun 2008 Tentang Kapal, Jakarta.
Hadid, M. 2019. Analisis Biaya Operasional Kapal untuk Penentuan Tarif Dasar Transportasi Sungai
dan Pesisir di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, Institut Teknolohi Sepuluh November, Surabaya.
Karles, H. 2013. Analisis Komponen Biaya dan Tarif Angkutan Penyeberangan Dengan Simulasi Model Dinamis Pada Ngkutan Lintas Sibolga-Teluk Dalam PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Jurnal Manajemen MIX, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Kelompok Bidang Keahlian Rekayasa Transportasi FTSP. 1997. Modul Perencanaan Sistem Angkutan Umum, ITB, Bandung.
Prahita, A. 2016. Analisis Tarif Pengoperasian Kapal Nusa Jaya Abadi di Pelabuhan Gunaksa – Nusa Penida,Universitas Udayana, Badung.
Sudarso, S. 2017. Studi Kelayakan Penyeberangan Laut Kendaraan Angkutan Barang Antar Pelabuhan Jangkar Situbondo – Pelabuhan Lembar Lombok, Universitas 17 Agustus 1945, Surabaya.
Yoga, IWGD. 2023. Analisis Biaya Operasional Kendaraan Angkutan Penyeberangan Laut (Studi Kasus : Rute Pelabuhan Sanur – Dermaga Banjar Nyuh Nusa Penida). Jurnal Spektran Vol 11, Universitas Udayana, Badung.
Published
2024-01-31
How to Cite
YOGA, I Wayan Gede Darma et al. ANALISIS TARIF DASAR ANGKUTAN PENYEBERANGAN LAUT RUTE DERMAGA SANUR – NUSA LEMBONGAN BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN. JURNAL SPEKTRAN, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 1-7, jan. 2024. ISSN 2809-7718. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jsn/article/view/110116>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/SPEKTRAN.2024.v12.i01.p01.
Section
Articles