Penentuan Prioritas Peningkatan Kualitas Pelayanan Laundry Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Studi Kasus: Smartklin Laundry)
Abstrak
Dalam dunia usaha yang kompetitif, kualitas pelayanan menjadi faktor fundamental untuk memenangkan persaingan, terutama pada bisnis jasa seperti laundry. Peningkatan kualitas pelayanan membutuhkan alokasi sumber daya yang tepat, terlebih ketika dihadapkan dengan keterbatasan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan alternatif prioritas peningkatan kualitas pelayanan laundry berdasarkan preferensi pelanggan di SmartKlin Laundry menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari 10 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kriteria Assurance (0,349) sebagai prioritas utama, diikuti Reliability (0,275), Responsiveness (0,187), Empathy (0,122), dan Tangible (0,067). Alternatif prioritas utama adalah pelatihan karyawan laundry (0,550), diikuti pengadaan program loyalitas (0,303), dan pembelian fasilitas alat laundry (0,146). Temuan ini menunjukkan pentingnya peningkatan kualitas karyawan melalui pelatihan dan program loyalitas untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan daya saing SmartKlin Laundry
##plugins.generic.usageStats.downloads##

Jurnal Matematika (JMAT) is licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC 4.0)