Pengembangan Perangkat Lunak Pembelajaran Penulisan Aksara Bali Menggunakan SDLC Untuk Anak-Anak

  • I Gusti Ayu Nyoman Tri Wahyuni Mahayani Universitas Udayana
  • I Gede Arta Wibawa Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Anom Cahyadi Putra Universitas Udayana
  • I Wayan Santiyasa Universitas Udayana
  • Anak Agung Istri Ngurah Eka Karwayati Universitas Udayana
  • Ngurah Agus Sanjaya ER Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/JLK.2022.v11.i01.p09

Abstrak

Aksara Bali merupakan aksara tradisional yang berasal dari Bali. Untuk menjaga keberlanjutan, pendidikan formal di sekolah melalui mata pelajaran bahasa Bali adalah salah satu cara untuk mempertahankannya. Selain belajar di sekolah, akan lebih baik lagi jika pembelajaran aksara Bali dapat dilakukan di luar sekolah dengan mengacu pada konsep pembelajaran. Salah satu cara untuk menciptakan pembelajaran yang menarik adalah melalui aplikasi game. Pembuatan aplikasi penulisan aksara Bali bertujuan untuk membantu siswa belajar aksara Bali dengan mengimplementasikan Software Development Life Cycle (SDLC) dan pengujian Black Box pembuatan aplikasi penulisan aksara Bali. Pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi salah satu media yang dapat membantu siswa dalam mempelajari aksara Bali.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-07-11
##submission.howToCite##
TRI WAHYUNI MAHAYANI, I Gusti Ayu Nyoman et al. Pengembangan Perangkat Lunak Pembelajaran Penulisan Aksara Bali Menggunakan SDLC Untuk Anak-Anak. JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 11, n. 1, p. 83-92, july 2022. ISSN 2654-5101. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/88671>. Tanggal Akses: 19 may 2024 doi: https://doi.org/10.24843/JLK.2022.v11.i01.p09.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 > >>