Prediksi Loyalitas Pengguna Menggunakan Metode Naive Bayes di Online Printing Marketplace "Goprint"
Abstrak
Goprint merupakan sebuah Online Printing Marketplace yang menghubungkan jasa percetakan dengan pengguna yang ingin mencetak dokumen dengan cepat tanpa perlu mengantri. Dalam rentang waktu dari bulan April 2019 sampai dengan bulan September 2019 didapatkan bahwa jumlah pengguna Goprint mencapai 407 pengguna, 24 mitra, dan 256 orderan. Dari transaksi yang telah dilakukan oleh pengguna, tidak sedikit orderan yang sering dibatalkan karena fitur Goprint yang tidak efektif atau kinerja mitra yang kurang. Hal ini menyebabkan pengguna Goprint merasa tidak puas dengan pelayanan yang didapatkan dari aplikasi Goprint.
Algoritma Naive Bayes adalah salah satu algoritma yang digunakan untuk klasifikasi atau pengelompokan data, tetapi bisa juga digunakan untuk pengambilan keputusan. Dengan algoritma ini dan masalah yang terjadi, penulis membuat sistem untuk memprediksi loyalitas pengguna Goprint untuk mengantisipasi pengguna yang berhenti meninggalkan Goprint karena tidak puas maupun pengguna yang setia. Data yang digunakan sebagai data latih adalah 20 dan data testing adalah 10. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa nilai precision sebesar 80%, recall 100%, dan accuracy 90%.