Implementasi Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluations Dalam Improvisasi User Experiences Dan User Interfaces (Studi Kasus : Aplikasi Pendidikan Dan Pelatihan Anggota Koperasi)

  • I Ketut Santa Wijaya Universitas Udayana
  • Cokorda Rai Adi Pramartha Universitas Udayana
  • Luh Gede Astuti Universitas Udayana
  • I Gede Surya Rahayuda Universitas Udayana

Abstract

Dalam fondasi era sekarang yakni globalisasi, pentingnya peran teknologi informasi kian terasa signifikan, khususnya dalam konteks Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) seperti koperasi. Berdasarkan laporan dari "Digital 2022 Indonesia" oleh Kemp (2022) mengindikasikan bahwa sekitar 73.7% populasi Indonesia telah melek teknologi, namun, hanya 13% koperasi yang mengadopsi sistem digital. Untuk mengatasi hambatan dalam peningkatan partisipasi anggota koperasi, penulis selaku peneliti melakukan penelitian ini mengarah pada pengembangan aplikasi pendidikan dengan penerapan metodologi Human-Centered Design (HCD) dan evaluasi Heuristic untuk meningkatkan pengetahuan dan partisipasi anggota koperasi. Fokus pada lima kriteria usability yakni learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction, penelitian ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan antarmuka pengguna yang intuitif dan pengalaman pengguna yang memuaskan. Tetapi juga menciptakan hasil kebergunaan lanjutan dari Heuristic Evaluation yang menunjukkan peningkatan dimana hal ini sangat signifikan pada desain baru aplikasi. Hasil Usability memperlihatkan peningkatan yang mengesankan dalam semua aspek kebergunaan aplikasi dengan peralihan dari desain lama ke desain baru, di mana aspek kemudahan belajar (learnability) meningkat 16%, efisiensi tugas meningkat 12.09% dengan penurunan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, dan tingkat kesalahan (error) menurun 41.67%, mengindikasikan desain yang lebih intuitif dan mudah digunakan. Aspek memoriabilitas pengguna meningkat 16.55%, menunjukkan desain yang lebih baik dan lebih mudah diingat oleh pengguna. Signifikansi perbaikan ini paling mencolok dalam skor aspek kepuasan pengguna (satisfaction), yang melonjak dari 54 menjadi 80.5, menandai peningkatan kepuasan pengguna sebesar 49.07%. Perubahan ini tentunya menggarisbawahi kesuksesan desain baru dalam menciptakan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan dan efektif. Inisiatif ini mendemonstrasikan bagaimana HCD dan evaluasi Heuristic dapat bersinergi untuk mengimprovisasi User Experience dan User Interface dalam aplikasi pendidikan koperasi, menunjukkan langkah maju penting bagi peningkatan kesejahteraan anggota melalui pendidikan teknologi yang inklusif dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-09
How to Cite
WIJAYA, I Ketut Santa et al. Implementasi Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluations Dalam Improvisasi User Experiences Dan User Interfaces (Studi Kasus : Aplikasi Pendidikan Dan Pelatihan Anggota Koperasi). JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 1171-1180, july 2024. ISSN 2654-5101. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jlk/article/view/115536>. Date accessed: 19 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>