Pengaruh marketing mix terhadap keputusan tamu menginap di the jayakarta bali beach resort and spa

  • Vicky Ayu Kusuma Udayana University
  • Fanny Maharani Suarka Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

Marketing Mix 7p Merupakan hal yang penting dalam suatu usaha jasa seperti akomodasi perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix secara simultan dan parsial, serta variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan tamu menginap di The Jayakarta Bali Beach Resort and Spa. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan memberikan kuesioner kepada 125 orang yang berperan sebagai tamu pernah menginap di The Jayakarta Bali Beach Resort and Spa.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, skala likert, uji normalitas, uji heterokesdasitas, uji multikolenieritas, analisi regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi sebagai focus utama dan data kualitatif sebagai data pendukung pada rumusan masalah. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang postitif dan signifikan secara parsial pada marketing mix (produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang dan fasilitas fisik) terhadap keputusan tamu untuk menginap di The Jayakarta Bali Beach, Resort and Spa. Namun terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan secara parsial pada marketing mix untuk dimensi proses terhadap keputusan tamu untuk menginap di The Jayakarta Bali Beach, Resort and Spa. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pada marketing mix (produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang, fasilitas fisik dan proses) terhadap keputusan tamu untuk menginap di The Jayakarta Bali Beach, Resort and Spa. Marketing Mix meliputi Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat Pelayanan (X4), Orang (X5), Fasilitas Fisik (X6) dan Proses (X7) memberikan pengaruh sebesar 43.6% terhadap (Y) Keputusan Menginap Tamu. Sedangkan sisanya sebesar 56.4% merupakan variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.


Kata Kunci: Product, Price, Promotion, Place, People, Prcess, Physical Evidence, dan Keputusan Menginap

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-17
How to Cite
KUSUMA, Vicky Ayu; SUARKA, Fanny Maharani; SULISTYAWATI, Agung Sri. Pengaruh marketing mix terhadap keputusan tamu menginap di the jayakarta bali beach resort and spa. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 266-283, may 2025. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/82203>. Date accessed: 17 may 2025.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>