Pengaruh marketing mix terhadap keputusan tamu menginap di the jayakarta bali beach resort and spa
Abstract
Marketing Mix 7p Merupakan hal yang penting dalam suatu usaha jasa seperti akomodasi perhotelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Marketing Mix secara simultan dan parsial, serta variabel mana yang paling berpengaruh terhadap keputusan tamu menginap di The Jayakarta Bali Beach Resort and Spa. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling dan memberikan kuesioner kepada 125 orang yang berperan sebagai tamu pernah menginap di The Jayakarta Bali Beach Resort and Spa.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data deskriptif kualitatis menggunakan uji validitas, uji reabilitas, skala likert, uji normalitas, uji heterokesdasitas, uji multikolenieritas, analisi regresi linear berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi sebagai focus utama dan data kualitatif sebagai data pendukung pada rumusan masalah. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh yang postitif dan signifikan secara parsial pada marketing mix (produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang dan fasilitas fisik) terhadap keputusan tamu untuk menginap di The Jayakarta Bali Beach, Resort and Spa. Namun terdapat pengaruh yang negatif dan tidak signifikan secara parsial pada marketing mix untuk dimensi proses terhadap keputusan tamu untuk menginap di The Jayakarta Bali Beach, Resort and Spa. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan pada marketing mix (produk, harga, promosi, tempat pelayanan, orang, fasilitas fisik dan proses) terhadap keputusan tamu untuk menginap di The Jayakarta Bali Beach, Resort and Spa. Marketing Mix meliputi Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Tempat Pelayanan (X4), Orang (X5), Fasilitas Fisik (X6) dan Proses (X7) memberikan pengaruh sebesar 43.6% terhadap (Y) Keputusan Menginap Tamu. Sedangkan sisanya sebesar 56.4% merupakan variabel lain yang tidak diteliti oleh penulis.
Kata Kunci: Product, Price, Promotion, Place, People, Prcess, Physical Evidence, dan Keputusan Menginap