Strategi promosi restoran pandawa pada mercure resort sanur bali

  • Made Aditya Harisanjaya Udayana University
  • Ni Ketut Arismayanti Udayana University
  • Ni Ketut Arismayanti Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

Strategi promosi di Restoran Pandawa dalam meningkatkan jumlah kunjungan merupakan suatu hal yang sangat penting. Perbaikan strategi promosi dilakukan agar dapat lebih meningkatkan jumlah kunjungan ke restoran. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi promosi dan program promosi yang tepat untuk diterapkan di Restoran Pandawa. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, studi dokumentasi dan kuesioner. Teknik penentuan informan yaitu menggunakan purposive sampling dengan informan pangkal dan informan kunci. Teknik penentuan sampel yaitu teknik non-probability sampling menggunakan rumus slovin berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yaitu menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan Strategi SO (Strengths - Opportunities) yaitu memperluas hubungan kerja sama dalam kegiatan promosi, menjaga hubungan baik dengan organisasi, lingkungan masyarakat dan konsumen. Strategi WO (Weaknesses – Opportunities) yaitu meningkatkan komunikasi dalam kegiatan promosi, meningkatkan promosi melalui pemanfaatan teknologi layanan pesan antar, meningkatkan promosi melalui pemanfaatan SEO (search engine optimization). Strategi ST (Strengths – Threats) yaitu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, meningkatkan citra positif perusahaan agar menarik dimata konsumen, memperluas pangsa pasar. Strategi WT (Weaknesses – Threats) yaitu bergabung dalam komunitas kuliner, lebih memanfaatkan dan memaksimalkan sosial media dalam melakukan kegiatan promosi. Adapun saran yang diperlukan dalam penelitian ini yaitu adanya peningkatan strategi promosi yang dilakukan khususnya pada kegiatan promosi iklan melalui media elektronik seperti instagram, facebook dan website, bertemu langsung kepada konsumen untuk menawarkan produk, fasilitas dan paket promo, meningkatkan citra restoran pandawa, rutin mengadakan event yang menarik serta memberikan diskon spesial agar lebih diminati oleh wisatawan.


Kata Kunci: strategi promosi, pemasaran, restoran, analisis SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-16
How to Cite
HARISANJAYA, Made Aditya et al. Strategi promosi restoran pandawa pada mercure resort sanur bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 174-191, may 2025. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/81681>. Date accessed: 17 may 2025.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>