Implementasi corporate social responsibility di four points by sheraton surabaya

  • Detta Utami Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University
  • Irma Rahyuda Udayana University

Abstract

Melihat pada perkembangan yang pesat pada bidang pariwisata dan perhotelan di Surabaya menyebabkan banyak lahan pertanian yang dialihkan menjadi bangunan, pemanfaatan sumber daya yang berlebihan maupun pembuangan limbah hasil operasional yang berdampak pada kerusakan lingkungan, sehingga membuat perusahaan khususnya Four Points by Sheraton Surabaya turut serta dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility sebagai upaya tanggung jawab sosial atas dampak tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi CSR yang telah dilaksanakan oleh Four Points by Sheraton Surabaya serta kendala apa saja yang dihadapi selama pelaksanaan CSR di Four Points by Sheraton Surabaya. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan dilakukan secara purpose sampling yang terdiri dari informan pangkal dan informan kunci, serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa program CSR yang telah dilaksanakan oleh Four Points by Sheraton Surabaya telah berjalan dengan baik sesuai dengan pedoman CSR GRI Standar yang terbagi menjadi beberapa kategori dan telah mencangkup lingkungan internal dan eksternal perusahaan, yaitu kategori ekonomi, kategori lingkungan, kategori sosial yang terbagi menjadi tiga (praktek tenaga kerja dan kenyamanan bekerja, hak asasi manusia, dan masyarakat) kategori tanggung jawab atas produk. Kemudian ada dua jenis kendala pada penelitian ini yaitu kendala internal perusahaan seperti perencanaan yang kurang matang karena tidak ada organisasi khusus CSR, pelaksanaan program kurang komunikatif, serta kegiatan evaluasi yang tidak merata. Sementara pada kendala eksternalnya berupa tidak adanya keterlibatan pemerintah dalam praktek program CSR, dan juga minimnya kegiatan CSR yang dilakukan oleh hotel terhadap masyarakat sekitar hotel.


Kata Kunci: Implementasi, Corporate Social Responsibility, Hotel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-16
How to Cite
UTAMI, Detta; SULISTYAWATI, Agung Sri; RAHYUDA, Irma. Implementasi corporate social responsibility di four points by sheraton surabaya. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 156-173, may 2025. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/81617>. Date accessed: 17 may 2025.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3