Karakteristik dan motivasi konsumen dalam menghabiskan waktu luang di kopi satu support by bhineka djaya denpasar bali
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana konsumen menghabiskan waktu luangnya di Kopi Satu Denpasar dengan mencangkup karakteristik dan motivasi motivasi kognitif dan motivasi efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen yang berkunjung dan motivasi konsumen dalam memilih Kopi Satu Denpasar. Teknik penentuan informan menggunakan Purposive Sampling. Untuk Teknik pennentuan sampel yang digunakan yaitu Teknik Accidental Sampling. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, skala likert, dan analisis Crosstab. Hasil penelitian ini diketahui bahwa karakteristik konsumen disominasi oleh konsumen yang bersusia 18 – 24 tahun, berjenis kelamin Laki – laki, berprofesi mahasiswa, domisili Denpasar Selatan, memiliki latar belakang pendidikan SMA/SMK, dan frekuensi kunjungan lebih dari 2 kali. Motivasi dilihat dari motif kognitif memiliki rata-rata yaitu 3,98 dengan kategori setuju yaitu konsumen yang ingin mendapatkan informasi yang bermanfaat, saling berbagi ilmu satu dengan yang lainnya pada saat berkumpul dengan orang baru ataupun sudah lama kenal sedangkan motivasi dilihat dari motif afektif memiliki rata-rata 3,43 yang dapat dikategorikan setuju yaitu remaja ingin menghindari atau mengurangi beberapa keresahan atau tekanan. Sedangkan dilihat dari Uji Chi Square dapat di bahwa yang memiliki hubungan antara motivasi terhadap usia yaitu indicator (manfaat) dan (modeling). Sedangkan hubungan motivasi terhadap jenis kelamin tidak meiliki hubungna yang signifikan. Terkahir hubungan motivasi dengan profesi yang memiliki hubungan yaitu indikator (pencarian), (manfaat), (pembentukan identitas).
Kata Kunci: Karakteristik, Motivasi, Konsumen, Waktu Luang