Strategi pemasaran pada masa pandemi di hotel sofitel bali nusa dua beach resort, bali
Abstract
Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort merupakan salah satu hotel yang berbinta lima berlokasi di daerah Pariwisisata elit ITDC (Internasional Tourism Development and Coorpporation) di Nusa Dua, Bali. Semenjak awal pandemi COVID-19 pada tahun 2020 pariwisata di Bali menurun drastis serta menciptakan hotel- hotel di Bali mengalami penurunan. Salah satu Hotel yang terdapat di kawasan Wisata Nusa Dua adalah Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort dan merupakan hotel yang terkena dampak pandemi COVID-19 ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan di Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort dan program-program pemasaran pada Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort, Bali.
Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif sedangkan untuk sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik penumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan penyebaran kuesioner 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang diuraikan dengan menggunakan matriks SWOT.
Hasil dari penelitian ini adalah bauran pemasaran yang telah diterapkan pada Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort adalah Strategi SO: Strategi meningkatkan dan mempertahankan keunggulan dan serta meningkatkan dan memperluas jaringan promosi dengan memanfaatkan semua media yang ada. Strategi ST: Strategi memeperluas jaringan pasar dan menciptakan produk-produk yang baru. Strategi WO: Strategi yang melengapi fasilitas penunjang hotel yang masih kurang serta menambah pilihan transportasi untuk wisatawan yang menginap di Hotel Sofitel Bali Nusa Dua. Strategi WT strategi menjalin hubungan baik dengan wisatawan dan rekan bisnis untuk bisnis yang berkelanjutan dikemudian hari. Manajemen Hotel Sofitel Bali Nusa Dua Beach Resort hendaknya dapat meningkatkan fasilitas yang masih dinilai masih kurang demi kelancaran operasional dan meningkatkan keahlian dari sumber daya manusia dengan cara memberi beberapa pelatihan tambahan.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Covid-19.