Pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan di pizza hut mall bali galleria

  • Kadek Wina Pawani Universitas Udayana
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University
  • Agus Muriawan Putra Udayana University

Abstract

Abstrak


Kualitas makanan merupakan upaya restoran dalam meningkatkan minat pelanggan untuk datang berkunjung. Penelitian ini berlokasi di Pizza Hut Mall Bali Galeria dimana terjadi beberapa komplain terhadap kualitas makanan pada rentang tahun 2016 - 2020 keluhan ini disampaikan pelanggan di beberapa situs web.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan serta mengetahu variabel kualitas makanan yang paling memuaskan bagi pelanggan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, Dokumentasi, Studi Pustaka, serta penyebaran kuesioner. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability dan metode pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental dengan 100 responden dari pelanggan yang berkunjung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisi deskriptif kuantitatif terkait analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi (r2), dan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dengan SPSS 23 for windows, Skala Likert dan deskriftif kualitatif. Hasil penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana memperoleh pola persamaan positif yaitu Y= 1.544 + 0,708. Hasil analisis koefisien korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara variabel kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai person correlation sebesar 0,782. Kemudian hasil analisis koefisien determinasi (r2) diperoleh hasil persentase sumbangan pengaruh Kualitas makanan tehadap Kepuasan pelanggan sebesar 61,2% dan 38.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang  tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas makanan secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelangga. Maka dapat disimpulkan bahwa kualitas makanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan variabel higienis serta rasa menjadi faktor yang paling memuaskan bagi pelanggan.


 


Kata Kunci: Kualitas Makanan, Kepuasan Pelanggan, Komplain, Pizza Hut Mall Bali Galeria

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
PAWANI, Kadek Wina; PUTRI SRI, Anak Agung; PUTRA, Agus Muriawan. Pengaruh kualitas makanan terhadap kepuasan pelanggan di pizza hut mall bali galleria. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 95-112, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77051>. Date accessed: 17 june 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>