Analisis Bauran Pemasaran Mice Di Sun Island Hotel Kuta Bali
Abstract
Sun Island Hotel Kuta merupakan salah satu hotel yang menyediakan MICE. Penelitian ini membahas mengenai Analisis Bauran Pemasaran MICE di Sun Island Hotel Kuta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis bauran pemasaran MICE yang ada di Sun Island Hotel Kuta. Penentuan Batasan permasalahan penelitian yang diteliti berdasarkan unsur-unsur pemasaran yakni segmenting, targeting, positioning dan marketing mix yakni Product, Price, Place, Promotion, People, Pysical Evidence dan Proses serta upaya yang dilakukan oleh sun island Hotel Kuta Bali dalam meningkatkan penjualan MICE sesuai dengan marketing mix. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Analisis bauran pemasaran MICE berdasarkan aspek marketing mix yakni memiliki 3 ruangan meeting yakni Savitri room, Gayatri room dan Saraswati room, memiliki 3 jenis harga yakni publish rate, travel agent rate dan corporate rate yang dimana harga publish rate harga normal sedangkan travel agent rate mendapatkan diskon sebesesar 24% dari harga normal dan corporate rate mendapatkan diskon 17% dari harga normal. Paket yang diberikan ada 3 jenis yakni Half Day meeting package, Full Day Meeting Package dan Full Board Meeting Package. Promosi yang dilakukan Sun Island Hotel Kuta melalui periklanan, media social dan personal selling. Proses promosi dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Proses tidak langsung melalui periklanan dan proses langsung melalui sales call dan menghadiri Trade Show MICE atau Table Top. Disimpulkan bahwa adanya penurunan penjualan di bidang MICE berdasarkan revenue pada tahun 2018-2019 dimana terjadi penurunan sekitar 18% dari tahun sebelumnya dan Upaya yang dilakukan oleh Sun Island Hotel Kuta belum dapat mendongkrak penjualan di sector MICE