Persepsi masyarakat desa munduk terhadap implementasi corporate social resposibility puri lumbung cottages

  • Ni Made Citra Pratiwi Universitas Udayana
  • Anak Agung Putri Sri Universitas Udayana
  • Ni Putu Ratna Sari Universitas Udayana

Abstract

Abstrak


Suatu perusahaan tidak dapat dipisahkan dengan masyarakat sebagai lingkungan eksternalnya. Eksistensi perusahaan bergantung dari hubungan timbal balik antara perusahaan dengan masyarakat. Perusahaan dan masyarakat adalah pasangan hidup yang saling memberi dan membutuhkan. Kontribusi dan harmonisasi keduanya akan menentukan keberhasilan pembangunan bangsa. Adanya keselarasan antara keuntungan yang diperoleh perusahaan dengan pemberian kontribusi secara langsung kepada masyarakat dan lingkungannya merupakan mekanisme check & balances antara pihak perusahaan dengan masyarakat. Dengan kata lain Corporate Social Responsibility (CSR) juga dipandang sebagai tolok ukur untuk reputasi suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi serta persepsi masyarakat Desa Munduk terhadap Corporate Social Responsibilty. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara terstruktur, kuesioner, dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah 98 responden dengan teknik penentuan sampel digunakan adalah accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang ditunjang dengan skala likert. Program CSR yang dilakukan oleh Puri Lumbung Cottages yaitu kepada masyarakat sekitar Desa Munduk sudah dilaksanakan dengan baik. Program CSR berupa program kelas menari, kursus massage, cooking class, perpustakaan desa, konservasi air, pembagian bibit kopi, serta natural and conservation activity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap implementasi CSR Puri Lumbung Cottages berdasarkan kuesioner yang disebarkan ke 98 responden masyarakat Desa Munduk mendapatkan skor penilaian akhir dengan rata-rata skor penilaian 3 dengan kategori sikap “baik”.


Kata kunci: : Persepsi, implementasi, dan corporate social responsibilty

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-23
How to Cite
PRATIWI, Ni Made Citra; SRI, Anak Agung Putri; SARI, Ni Putu Ratna. Persepsi masyarakat desa munduk terhadap implementasi corporate social resposibility puri lumbung cottages. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 114-132, june 2020. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/61163>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2020.v04.i01.p09.

Most read articles by the same author(s)