Pemanfaatan grup whatsapp pada pengajaran bahasa inggris terhadap pramusaji seafood restaurant di pasar ikan pantai timur pangandaran

  • Raisa Siska Tanjung Universutas Galuh Ciamis
  • Dedeh Rohayati Universutas Galuh Ciamis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana pemanfaatan aplikasi grup whatsApp dalam pengajaran Bahasa Inggris kepada pramusaji seafood restaurant dan melihat asistansi yang diperoleh dari pramusaji dan pengajar dari pemanfaatan aplikasi ini. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara dan observasi, dengan teknik purposive sampling dalam memilih subjek penelitian. Terdiri dari 10 orang pramusaji di restoran makanan laut di Pasar Ikan, Pantai Timur, kabupaten Pangandaran. Data dianalisis berdasarkan metode Miles & Huberman yaitu reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa grup whatsapp dapat digunakan sebagai media pengajaran dan sangat bermanfaat sebagai aplikasi yang memudahkan pramusaji untuk belajar Bahasa Inggris. Data hasil belajar menunjukkan bahwa dari 10 orang pramusaji terdapat 80% diantaranya yang berhasil menggunakan Bahasa Inggris dalam melayani tamu asing. Asistansi yang diperoleh pramusaji adalah pemahaman terhadap materi Bahasa Inggris yang terdiri dari 5 jenis topik diantaranya, greeting, explaining menu, servicing menu, handling problem, dan payement.  Dan asistansi yang diperoleh pengajar online adalah trik dan tips menarik dalam mengembangkan model pengajaran. Adapun temuan dari penelitian ini adalah perlunya sebuah rancangan pembuatan program aplikasi di ponsel pintar khusus pengajaran Bahasa Inggris for seafood restaurant.


 


Kata kunci: Pengajaran Bahasa Inggris, grup WhatsApp, pramusaji seafood restaurant.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-30
How to Cite
TANJUNG, Raisa Siska; ROHAYATI, Dedeh. Pemanfaatan grup whatsapp pada pengajaran bahasa inggris terhadap pramusaji seafood restaurant di pasar ikan pantai timur pangandaran. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 162-182, nov. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/55001>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i02.p015.