Penciptaan identitas brand pariwisata come and explore bangka belitung di provinsi kepulauan bangka belitung

  • I Gusti Agung Pradnyadari Udayana University
  • Anugrah Gusta Prima Udayana University
  • Novita Restiati Ina Wea Udayana University

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penciptaan identitas merek di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Deskriptif analitik dipilih sebagai pisau analisis. Triangulasi data dilakukan untuk memverifikasi keabsahan informasi dengan memanfaatkan berbagai sumber data. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dalam proses pembuatannya, merek pariwisata Kepulauan Bangka Belitung tidak mengikuti langkah-langkah dan persyaratan untuk menjadi sebuah merek. Dari seluruh tahapan yang harus ditaati sebuah merek, Come and Explore Bangka Belitung hanya melakukan satu tahapan saja. Tetapi dalam prakteknya, merek Come & Explore Bangka Belitung memberikan janji merek yang dapat diterima oleh wisatawan. Ketidakserasian dalam proses penciptaan identitas merek sudah terjadi dari tahap pertama, sehingga tahapan-tahapan berikutnya yang harusnya dilaksanakan secara berurutan tidak berjalan dengan baik. Pada pelaksanaannya, bentuk dan fungsi slogan tersebut mengalami inkonsistensi. Slogan Come & Explore Bangka Belitung yang menyerupai logo ternyata menimbulkan kebingungan dan ketidakjelasan informasi yang diterima oleh wisatawan. Dengan demikian, situasi yang terjadi adalah pemerekan pariwisata Kepulauan Bangka Belitung tidak berjalan dengan optimal. Kata Kunci: Pemerekan Pariwisata, Identitas Merek, Manajemen Pemasaran, Come and Explore Bangka Belitun

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-30
How to Cite
PRADNYADARI, I Gusti Agung; PRIMA, Anugrah Gusta; INA WEA, Novita Restiati. Penciptaan identitas brand pariwisata come and explore bangka belitung di provinsi kepulauan bangka belitung. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 359-369, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/113354>. Date accessed: 29 apr. 2024.