Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Minat Beli di The Trans Resort Bali
Abstract
Abstrak
Minat beli menjadi suatu tahapan ketertarikan wisatawan terhadap suatu produk atau jasa tertentu yang muncul dari kesadaran dan persepsi. Ketertarikan wisatawan dalam minat beli sebagai indikator yang dapat menimbulkan perasaan senang dan puas dalam diri wisatawan sehingga menciptakan keinginan untuk membeli. Minat beli dapat dipengaruhi oleh promosi. Promosi memerlukan media dalam penyebaran seputar informasinya. Media promosi yang mudah diakses dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dari wisatawan yaitu media sosial. Salah satu media sosial yang saat ini digunakan yaitu Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui Instagram terhadap minat beli di The Trans Resort Bali. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan penentuan sampel menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data dengan menyebarkan kuisioner yang menggunakan skala likert untuk mengukur 12 item pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji-t yang dibantu dengan program SPSS 23 version for windows. Hasil penelitian ini menunjukan promosi melalui Instagram berpangaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung > ttabel yaitu 13,511 > 1,984. Berdasarkan hasil koefisian determinasi promosi melalui Instagram memiliki kontribusi untuk mempengaruhi Minat Beli sebesar 65,1% dalam kategori kuat, sedangkan sisanya sebesar 34,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Promosi, Minat Beli, Instagram