Sistem Informasi Geografis Penyewaan Lapangan Bulu Tangkis Berbasis Web dan Bot Telegram
Abstract
Permainan bulu tangkis memerlukan lapangan yang memiliki garis serta jaring penghalang yang akan menentukan poin yang didapatkan pemain bulu tangkis. Popularitas olahraga bulu tangkis dan kebutuhan lapangan untuk bermain bulu tangkis menjadi alasan penelitian dilakukan. Sistem yang dibangun menghadirkan solusi dimana dengan menggunakan sistem informasi geografis, lapangan bulu tangkis akan mudah diakses dan dihubungi, serta adanya proses registrasi sebelum melakukan pemesanan akan meminimalisir adanya pesanan palsu yang membuat pemilik lapangan merugi. Sistem dirancang dengan menggunakan Leaflet sebagai dasar untuk pemetaan geografis lapangan-lapangan yang telah didaftarkan. Pengujian sistem dilakukan oleh 12 orang yang terdiri dari penyewa lapangan, pemilik lapangan serta mahasiswa Teknologi Informasi. Metode UAT (User Acceptance Test) digunakan dalam pengujian sistem dan diinterpretasikan dengan skala Likert sehingga menghasilkan total skor sebesar 659 yang menunjukkan hasil sangat positif dan sistem dianggap berhasil.