Sistem Deteksi Kadar Alkohol Pada Nafas Pengemudi Mobil Berbasis Internet of Things

  • Made Adhi Satrya Nugraha Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya
  • Kadek Suar Wibawa

Abstract

Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang disekitarnya, salah satu dampaknya ialah dapat menyebabkan kecelakan lalu lintas. Internet of Things dapat membantu memudahkan dalam hal mengontrol dan me-monitoring sesuatu. Penelitian ini merancang sistem deteksi kadar alkohol pada nafas berbasis IoT. Penelitian ini melakukan deteksi kadar alkohol pada nafas dengan metode pembacaan Blood Alcohol Content dengan bantuan sensor MQ-3. Raspberry Pi digunakan sebagai pusat kendali untuk mengontrol perangkat-perangkat yang digunakan, serta untuk mengolah dan mengirim data ke server. Server akan mengolah data menjadi pesan notifikasi dengan bantuan Firebase Cloud Messaging. Notifikasi hanya akan didapat oleh kerabat pengemudi melalui aplikasi Android. Aplikasi Android akan menampilkan informasi berupa hasil deteksi alkohol dan lokasi kerabat yang terdeteksi mengkonsumsi alkohol. Hasil akurasi dalam pembacaan kadar BAC pada nafas dengan metode Root Mean Squared Error sebesar 0.006. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem dapat membaca kadar alkohol pada nafas, menutup arus listrik, mengirim data ke server, mengirim pesan notifikasi dan menampilkan informasi hasil deteksi serta lokasi ke kerabat pengguna melalui aplikasi Android.

Published
2022-10-02
How to Cite
NUGRAHA, Made Adhi Satrya; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; WIBAWA, Kadek Suar. Sistem Deteksi Kadar Alkohol Pada Nafas Pengemudi Mobil Berbasis Internet of Things. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1270-1280, oct. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/92446>. Date accessed: 16 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i03.p02.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.