Edukasi Bahaya Social Engineering Menggunakan Media Belajar Quizizz untuk Meningkatkan Kesadaran Keamanan Informasi Nasabah Perbankan

  • Tabina Dea Anindya Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agus Eka Pratama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Menanggulangi ancaman keamanan informasi nasabah, bank telah berperan dengan menerapkan prinsip kepercayaan dan prinsip kerahasiaan yang diwujudkan melalui pengamanan teknologi informasi yang kuat serta pemberdayaan SDM yang baik. Keamanan bank yang sulit ditembus ini membuat pelaku kejahatan siber beralih menggunakan teknik social engineering yang menargetkan nasabah bank. Teknik yang juga disebut dengan human hacking ini menjadi salah satu ancaman keamanan informasi dalam sektor perbankan yang patut diwaspadai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran keamanan informasi nasabah perbankan melalui edukasi bahaya social engineering menggunakan media belajar Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan awareness pada kelompok kontrol dari 33% (poor) menjadi 63,2% (average) dan pada kelompok eksperimen dari 22,3% (poor) menjadi 66,8% (average). Penggunaan media belajar Quizizz efektif membantu kelompok eksperimen memperoleh peningkatan nilai yang signifikan dengan melihat gain score antar kelompok, serta dibuktikan secara statistik melalui uji independent sample t-test.

Published
2024-01-11
How to Cite
ANINDYA, Tabina Dea; SASMITA, Gusti Made Arya; PRATAMA, I Putu Agus Eka. Edukasi Bahaya Social Engineering Menggunakan Media Belajar Quizizz untuk Meningkatkan Kesadaran Keamanan Informasi Nasabah Perbankan. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 2056-2069, jan. 2024. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/111776>. Date accessed: 18 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2023.v04.i03.p12.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.