HUBUNGAN ANTARA MODULUS ELASTISITAS DENGAN KUAT TEKAN PADA BETON YANG DIBUAT DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN PORTLAND-POZZOLAN MAUPUN SEMEN PORTLAND TIPE I

  • I Made Alit Karyawan Salain
  • Ida Bagus Rai Widiarsa

Abstract

Hubungan antara modulus elastisitas (Ec) dengan kuat tekan (?’b) pada beton yang dibuat dengan menggunakan semen portland-pozzolan (PPC) maupun semen portland tipe I (PC) telah diteliti. Sebagai benda uji digunakan silinder dengan diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Campuran beton ditetapkan dalam perbandingan berat, antara semen : agregat halus : agregat kasar sebesar 1 : 2 : 3 dengan variasi fas : 0,4, 0,5, 0,7 dan 0,9. Pembuatan dan perawatan benda uji dilakukan dengan tata cara standar. Pengukuran Ec dan ?’b dilaksanakan pada umur 3, 7, 28 dan 90 hari, sesuai dengan ketentuan ASTM C 469-95 dengan menggunakan 3 (tiga) benda uji untuk setiap fas dan umur uji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modulus elastisitas dan kuat tekan beton berkurang dengan meningkatnya fas dan meningkat dengan bertambahnya umur beton. Hubungan antara modulus elastisitas dengan kuat tekan beton menunjukkan hubungan non linier, dalam bentuk Ec = 4525,2 Ln ?’b - 3961,4 untuk beton dengan PPC dan Ec = 4302,3 Ln ?’b - 3582,2 untuk beton dengan PC. Pengaruh jenis semen terhadap modulus elastisitas baru terlihat pada beton dengan kuat tekan lebih besar dari 15 MPa, dimana untuk suatu nilai kuat tekan, modulus elastisitas beton dengan PPC mampu melampaui, sekitar 3% - 4%, modulus elastisitas beton dengan PC.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
KARYAWAN SALAIN, I Made Alit; RAI WIDIARSA, Ida Bagus. HUBUNGAN ANTARA MODULUS ELASTISITAS DENGAN KUAT TEKAN PADA BETON YANG DIBUAT DENGAN MENGGUNAKAN SEMEN PORTLAND-POZZOLAN MAUPUN SEMEN PORTLAND TIPE I. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/3428>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

PPC, PC, modulus elastisitas dan kuat tekan