EVALUASI NILAI PAVEMENT CLASSIFICATION NUMBER (PCN) PERKERASAN APRON DENGAN METODE FAA, METODE KLASIK, DAN METODE ANALITIK (STUDI KASUS: APRON TIMUR BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI)

  • I Made Agus Ariawan Udayana University
  • I Nyoman Arya Thanaya
  • I G A A Anggita Pradnyaswari
  • Putu Kwintaryana
  • I Wayan Suweda

Abstract

Sistem yang umum digunakan menilai daya dukung apron berdasarkan International Civil Aviation Organization (ICAO) adalah Pavement Classification Number (PCN), merupakan angka yang menyatakan kapasitas angkut beban perkerasan untuk operasi pesawat tak terbatas. Beberapa metode digunakan untuk penentuan nilai PCN yaitu metode FAA dengan COMFAA, metode klasik, metode analitik dengan pengujian Heavy Weight Deflectometer (HWD) yang dianalisis dengan program Elmod. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mengevaluasi nilai PCN perkerasan rigid apron timur Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Dengan menggunakan pesawat rencana B777-300ER, evaluasi dan analisis nilai PCN dilakukan dengan metode klasik, kemudian hasilnya dibandingkan dengan nilai PCN yang dianalisis dengan metode FAA dan metode analitik. Hasil perhitungan PCN yang dianalisis dengan metode FAA adalah 114/R/B/X/T, metode klasik adalah 92/R/B/X/T, dan metode analitik adalah 98/R/B/X/T. Perbedaan ini dipengaruhi oleh perhitungan nilai PCN metode FAA dan metode klasik didasarkan pada nilai CBR lapangan sedangkan metode analitik pada nilai real deflection bowl akibat respons daya dukung lapis keras dengan nilai modulus elastisitas yang berbeda. Secara keseluruhan hasil ketiga metode memberikan nilai PCN dimana apron mampu mendukung pesawat B777-300ER.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-06
How to Cite
ARIAWAN, I Made Agus et al. EVALUASI NILAI PAVEMENT CLASSIFICATION NUMBER (PCN) PERKERASAN APRON DENGAN METODE FAA, METODE KLASIK, DAN METODE ANALITIK (STUDI KASUS: APRON TIMUR BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI BALI). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], v. 27, n. 2, p. 217-224, nov. 2023. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/106873>. Date accessed: 30 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2023.v27.i02.p09.

Most read articles by the same author(s)