PENGEMBANGAN METODE IDENTIFIKASI INDOMETASIN DENGAN KLT-SPEKTROFOTODENSITOMETRI

  • A.A Wahyudhie
  • I N.K. Widjaja
  • K.D. Cahyadi
  • I M.A.G. Wirasuta

Abstract

Indometasin adalah obat yang memiliki efek sebagai antiinflamasi. Berdasarkan efek tersebut, indometasin sering ditambahkan secara ilegal ke dalam produk obat herbal yang memiliki khasiat untuk menghilangkan pegal linu atau rematik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu metode KLT-Spektrofotodensitometri yang digunakan untuk uji identifikasi dan menentukan validasinya yang meliputi linearitas, batas deteksi, spesifisitas, dan presisi.

Sampel diesktraksi menggunakan metode SPE C8-Cation Exchange dan kemudian dipisahkan dengan dua sistem KLT yang berbeda yaitu sistem TF dan TE. Kromatogram dan spektrum dari masing-masing noda senyawa dibuat pada panjang gelombang 210 nm dan 190-400 nm dengan menggunakan TLC Scanner 3 (Camag-Mutenz-Switzerland). Senyawa diidentifikasi berdasarkan nilai hRfc dan spektrum in situ.

Berdasarkan hasil yang diperoleh dari uji identifikasi menunjukkan bahwa fraksi SPE mengandung indometasin. Nilai dari validasi metode yang dilakukan telah valid untuk linearitas dengan r > 0,999, batas deteksi untuk kedua sistem adalah 3,698 ng, spesifisitas metode dengan nilai korelasi spektrum > 0,90 untuk indometasin, dan presisi untuk hRf dan AUC menghasilkan KV < 2%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

A.A Wahyudhie
Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
I N.K. Widjaja
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
K.D. Cahyadi
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
I M.A.G. Wirasuta
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
WAHYUDHIE, A.A et al. PENGEMBANGAN METODE IDENTIFIKASI INDOMETASIN DENGAN KLT-SPEKTROFOTODENSITOMETRI. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], may 2013. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/5749>. Date accessed: 29 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

indometasin, identifikasi, SPE, KLT-Spektrofotodensitometri