UJI AKTIVITAS ADAPTOGENIK EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG BIDARA (Ziziphus mauritiana Auct. non Lamk.) DENGAN METODE SWIMMING ENDURANCE TEST PADA MENCIT GALUR BALB/C

  • Samirana, P. O.
  • Putra, P. A. S.
  • Leliqia, N. P. E.

Abstract

Ziziphus mauritiana atau bidara telah diketahui memiliki aktivitas antioksidan. Adanya teori yang menyatakan keterkaitan antara aktivitas antioksidan dengan adaptogenik membuat tumbuhan ini diduga memiliki potensi sebagai adaptogen. Tujuan dari penelitiaan ini adalah untuk mengetahui aktivitas adaptogenik dari kulit batang Z. mauritiana.

Uji aktivitas adaptogenik dilakukan dengan metode swimming endurance test. Hewan uji yang digunakan dibagi dalam 6 kelompok perlakuan dan diuji kemampuan renangnya. Waktu renang hewan uji sampai tenggelam diukur dan selanjutnya dianalisis secara statistik. Ekstrak etanol 96% kulit batang Z. mauritiana dikatakan memiliki aktivitas adaptogenik bila waktu renang kelompok yang diberikan ekstrak lebih lama jika dibandingkan dengan kelompok kontrolnegatif (p< 0,05).

Berdasarkan hasil penelitian, ekstrak etanol 96% kulit batang Z. mauritiana mampu meningkatkan kemampuan renang mencit pada dosis 200, 400, dan 800 mg/kg BB dibandingkan dengan kelompok kontrol negatif. Hasil ini menunjukkan bahwa ekstrak etanol 96% kulit batang Z. mauritiana memiliki aktivitas adaptogenik. Aktivitas ini tidak terlepas dari peran beberapa golongan senyawa dan beberapa diantaranya diduga merupakan senyawa golongan triterpenoid dan flavonoid.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Samirana, P. O.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Putra, P. A. S.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
Leliqia, N. P. E.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana
How to Cite
P. O., Samirana,; P. A. S., Putra,; N. P. E., Leliqia,. UJI AKTIVITAS ADAPTOGENIK EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG BIDARA (Ziziphus mauritiana Auct. non Lamk.) DENGAN METODE SWIMMING ENDURANCE TEST PADA MENCIT GALUR BALB/C. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], dec. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/17128>. Date accessed: 02 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Ziziphus mauritiana, swimming endurance test, antioksidan, adaptogenik, kulit batang