PENGARUH RASIO AMILUM:AIR TERHADAP SPESIFIKASI AMILUM SINGKONG (Manihot esculenta Crantz) FULLY PREGELATINIZED

  • Arisanti, C. I. S.
  • Dewi, D. P. R. P.
  • Prasetia, I. G. N. J. A.

Abstract

Amilum singkong alami dimodifikasi menjadi amilum singkong fully pregelatinized untuk memperbaiki sifat alir dan kompresibilitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio amilum dan air terhadap spesifikasi amilum singkong fully pregelatinized.

Pada penelitian ini eksipien amilum singkong fully pregelatinized dibuat dengan rasio amilum dan air masing-masing 2:1; 2:2; 2:4 dan dipanaskan pada suhu 100oC. Selanjutnya dilakukan uji spesifikasi terhadap amilum singkong alami dan amilum singkong fully pregelatinized . Selanjutnya data yang diperoleh diuji statistik dengan uji non parametrik menggunakan Kruskal-Wallis dan Mann-Whitney.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa rasio amilum dan air dapat mengubah spesifikasi amilum singkong fully pregelatinized. Peningkatan jumlah air pada proses gelatinasi akan mengubah ukuran partikel, meningkatkan kadar air, dan meningkatkan pH secara signifikan (P< 0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arisanti, C. I. S.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas
Dewi, D. P. R. P.
Mahasiswa Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas
Prasetia, I. G. N. J. A.
Jurusan Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas
How to Cite
C. I. S., Arisanti,; D. P. R. P., Dewi,; I. G. N. J. A., Prasetia,. PENGARUH RASIO AMILUM:AIR TERHADAP SPESIFIKASI AMILUM SINGKONG (Manihot esculenta Crantz) FULLY PREGELATINIZED. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], feb. 2015. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/12043>. Date accessed: 07 may 2024.
Section
Articles

Keywords

Amilum singkong, fully pregelatinized, spesifikasi.