PENGARUH PERBANDINGAN AMILUM SINGKONG (Manihot esculenta Crantz.) FULLY PREGELATINIZED DAN GOM AKASIA TERHADAP SIFAT FISIK EKSIPIEN CO-PROCESSING

  • Arisanti, C.I.S
  • Wiradewi, N.M.A
  • Wijayanti, N.P.A.D.

Abstract

Amilum singkong dapat berfungsi sebagai pengisi, pengikat, dan penghancur. Namun demikian, amilum memiliki sifat alir dan kompresibilitas yang rendah sehingga perlu dilakukan modifikasi terhadap amilum singkong yang dilanjutkan dengan co-prossesing dengan gom akasia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbandingan amilum singkong dan gom akasia terhadap sifat fisik eksipien co-processing dari amilum singkong fully pregelatinized dan gom akasia sebagai eksipien dalam pembuatan tablet dengan metode kempa langsung. Pada penelitian ini eksipien co-processing dari amilum singkong fully pregelatinized dan gom akasia dibuat dengan perbandingan amilum singkong dan gom akasia masing-masing 97,5:2,5; 95:5; dan 92,5:7,5. Selanjutnya dilakukan evaluasi terhadap eksipien co-processing. Hasil evaluasi kemudian dianalisis menggunakan ANOVA one-way dengan taraf kepercayaan 95%. Semakin meningkatnya jumlah gom akasia menghasilkan peningkatan sifat alir amilum dan penurunan susut pengeringan, jumlah fines, kelembaban, kompresibilitas. Berdasarkan hasil penelitian telah diketahui bahwa variasi konsentrasi amilum singkong dan gom akasia memberikan perbedaan yang bermakna terhadap sifat alir, susut pengeringan, kelembaban dan kompresibilitas yang dihasilkan (Sig. <0,05).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arisanti, C.I.S

Jurusan Farmasi - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Udayana

Wiradewi, N.M.A

Mahasiswa Jurusan Farmasi - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Udayana

Wijayanti, N.P.A.D.
Jurusan Farmasi - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Udayana
How to Cite
C.I.S, Arisanti,; N.M.A, Wiradewi,; N.P.A.D., Wijayanti,. PENGARUH PERBANDINGAN AMILUM SINGKONG (Manihot esculenta Crantz.) FULLY PREGELATINIZED DAN GOM AKASIA TERHADAP SIFAT FISIK EKSIPIEN CO-PROCESSING. Jurnal Farmasi Udayana, [S.l.], oct. 2014. ISSN 2622-4607. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jfu/article/view/12037>. Date accessed: 30 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

amilum singkong, fully pregelatinized, eksipien co-processing, gom akasia