Perancangan alat kendali kebisingan aktif pada knalpot standart sepeda motor Supra X 125D dan mengidentifikasi reduksi suara yang terjadi

  • Ahmad Ridwan Nasution
  • Rio Martua Harahap
  • Ikhwansyah Isranuri

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat kendali kebisingan aktif yang berfungsi untuk mereduksi kebisingan padaknalpot. Metode yang digunakan adalah dengan mempertemukan frekuensi antara sumber noise dan anti noise yang memilikiamplitude yang sama, namun fasanya berbeda 1800. Akibatnya kedua sumber suara ini akan saling melemahkan. Implementasipenelitian ini menggunakan tabung pipa PVC berbentuk Y yang berfungsi untuk memfokuskan suara. Dan sebagai mediapercobaanya akan dipasangkan pada knalpot sepeda motor supra X 125D. Amplifier berdaya 30 watt DC 12V digunakansebagai terminal pemrosesan data sinyal dan penguat suara untuk pembangkit noise. Metode yang digunakan untuk mengolahsinyal knalpot adalah dengan teknik rekam menggunakan ISD 4004. Untuk memperoleh pergeseran fasa 1800 penulismenggunakan ICL 7660 dan TL 072 CP, resistor sebesar 3? dan kapasitor untuk menstabilkan arus. Pengujian alat dilakukandengan cara merekam suara knalpot lalu hasil rekaman akan dilawan dengan sinyal knalpot itu juga yang amplitudonya sama.Mengukur reduksi yang terjadi menggunakan alat sound presseure level. Hasil pengujian dengan variasi putaran mesin 1000dan 2000 rpm memperlihatkan hasil peredaman optimal sebesar 4 dB.Kata kunci: Kendali kebisingan aktif, tabung pipa PVC, pembangkit sinyal, pembalik fasa, knalpot

Abstract:

Active Noise Control is a technique to overcome noise through noise versus noise method. This trchnique is intended to reducethe noise as minimal as possible and, moreover, it can eliminate the noise if signal reduction can be perfectly done. The signalprocessing is by making signal amplitude and opponent signal frequency (anti signal) turn the phase around 1800 of the signalsource to produce a signal reduction. This noise reduction is processed by means of signal processing method. In this designresearchers used a noise signal generator and phase shifteras as opposed to anti noise or signal. This anti noise will produceanti signal by reversing the signal phase 1800 that functions to counter the sound source that is silencer. In this research,designed tool of active noise control and testing directly on a standard motorcycle exhaust Supra X 125 D that identify thepresence of noise reduction that occurs is highest in the X and Z axis measurement point that is 21 db. Eliminating the possibilitythat the sound is difficult, even impossible. Therefore this research one way with an active approach to the aktif noise control toget noise reduction with a view to getting the sound comfort of the many forms of sound variations.Keywords: Active noise control, PVC pipe tubes, signal generator, inverting phase, exhaust

Author Biographies

Ahmad Ridwan Nasution
Jurusan Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara, Medan
Rio Martua Harahap
Jurusan Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara, Medan
Ikhwansyah Isranuri
Jurusan Teknik Mesin Universitas Sumatera Utara, Medan
How to Cite
NASUTION, Ahmad Ridwan; HARAHAP, Rio Martua; ISRANURI, Ikhwansyah. Perancangan alat kendali kebisingan aktif pada knalpot standart sepeda motor Supra X 125D dan mengidentifikasi reduksi suara yang terjadi. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], v. 9, n. 2, mar. 2017. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/29249>. Date accessed: 24 may 2019.
Section
Articles

Keywords

Active noise control, PVC pipe tubes, signal generator, inverting phase, exhaust